Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Tingkatkan Sinergi Bidang Kehumasan, Humas UNMUL Gelar Rapat Koordinasi

Dalam rangka memperkuat kapasitas, optimalisasi dan sinergi kehumasan baik di Rektorat, Fakultas maupun UPT di lingkungan Universitas Mulawarman (UNMUL). Hubungan Masyarakat (Humas) UNMUL menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan di lingkungan UNMUL yang dilaksanakan secara luring dan daring, Kamis (26/11).

Kepala Sub Bagian Humas (Kasubbag) Humas UNMUL Dewi Novi Rianti, S.H., M.H dalam laporannya mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Kehumasan di lingkungan Universitas Mulawarman yang kita lakukan tahun ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan sebelumnya tahun 2019 yang lalu. “Pada hari ini kami mengundang perwakilan fakultas dan UPT yang dihadiri masing-masing fakultas yang terdiri dari satu orang pimpinan dan satu orang staf yang menangani kehumasan atau informasi publik untuk berpartisipasi aktif dalam Rapat Koordinasi ini. Perlu kami sampaikan pula bahwa kegiatan pada hari berbeda pada pelaksanaan sebelumnya yang dimana sebelumnya kita bertemu langsung dan sekarang kita harus membagi ada yang luring dan daring karena kondisi dan protokol kesehatan yang harus kita tetap jaga,” jelasnya.

Aktivitas ini, lanjutnya, merupakan memang salah satu agenda yang direncanakan setiap tahunnya rutin dilaksanakan. Salah satu tujuannya adalah mengoptimalkan fungsi-fungsi kehumasan sekaligus mengutamakan kapasitas kehumasan di lingkungan UNMUL. “Tidak hanya di Rektorat saja namun sudah barang tentu di semua fakultas dan unit kerja terkait sebagai bagian terpenting dari lembaga ini. Kolaborasi dan sinergi antara pengelola Humas di Rektorat dan petugas Humas di fakultas sangat diperlukan serta idealnya terjalin dengan baik terlebih didalam era digital seperti sekarang ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita, karena publik membutuhkan informasi yang cepat, luas dan akurat. Kami berharap Rakor kali ini menjadi momentum bagi kita semua para pengelola kehumasan atau pengelola informasi di unit kerja masing-masing agar selalu menjaga dan meningkatkan reputasi lembaga di masyarakat atas keterbukaan informasi publik,” tuturnya.

Kegiatan Rakor Kehumasan ini buka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas UNMUL Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si. Sebelum membuka acara Rapat Koordinasi Kehumasan Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si menyampaikan dengan hadirnya semua perwakilan dari fakultas dan unit ini bisa menambah daya ungkit dari Humas UNMUL untuk melaksanakan fungsinya ke depan. “Pada saatnya nanti dan kedepan Humas UNMUL sekarang merupakan unit yang sangat penting. Masalahnya sekarang adalah di fakultas belum ada atau tidak terlalu jelas bidang kehumasan di handle atau di bawah tanggung jawab Wakil Dekan mana sehingga kadang-kadang teman-teman di Humas agak kesulitan untuk berkoordinasi. Oleh karena itu, kita selalu minta kepada fakultas untuk menunjuk siapa di fakultas yang dianggap bertanggungjawab di bidang kehumasan. Harusnya ada salah satu Wakil Dekannya yang bertanggung jawab di bidang kehumasan tetapi mungkin itu kebijakan di masing-masing fakultas. Kemudian ada pejabat yang bertanggungjawab kemudian ada yang memang khusus untuk membidang humas,” ungkap Dr. Bohari.

Dalam situasi daring sekarang ini, kata Dr. Bohari, harusnya ujung tombak UNMUL itu adalah Humas. “Pada saat semua orang bekerja, belajar di rumah maka harusnya yang menyatakan kedunia bahwa UNMUL masih ada itu adalah Humas. Situasi pandemi ini tidak akan selesai di 2021, sehingga mungkin Rakor ini bisa mengambil kesepakatan seperti apa harusnya fungsi-fungsi Humas kita optimalkan didalam menghadapi situasi saat ini sampai keadaan normal. Bahkan dalam keadaan normalpun harusnya Humas yang paling terdepan dalam mempromosikan universitas atau fakultasnya masing-masing. Oleh karena itu, semua harus memberikan kontribusi dan memberikan masukan-masukan didalam Rapat Koordinasi ini,” tegasnya. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 26 November 2020

Universitas Mulawarman