- Telepon : +(62) 811 555 1962
- Email : humas@unmul.ac.id
- Jam Kerja : Senin - Jumat : 08:00 - 16:00
Universitas Mulawarman
“Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik,” papar Dr. H. Abdullah Karim., MS sebagai narasumber dalam Sosialisasi Penyusunan Standar Kebijakan Publik di Lingkungan Universitas Mulawarman (Unmul).
Di sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bagian Umum, Hukum Tata Laksana (HTL) dan Perlengkapan Rektorat Unmul ini, narasumber juga menyatakan bahwa secara sederhana pelayanan prima (excellent service) dapat diartikan sebagai suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan.
“Dengan kata lain, pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas. Pelayanan yang memenuhi standar kualitas adalah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan atau masyarakat, ” ungkap dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Unmul itu.
Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia, dan Keuangan Unmul, Dr. Ir. H. Abdunnur., M.Si yang hadir dalam kesempatan itu turut pula mengajak para peserta yang merupakan para pejabat struktural di lingkungan Unmul tersebut agar dapat meningkatkan misi tentang fungsi kelembagaan yakni pelayanan prima yang terbaik kepada customer, user, dan masyarakat secara umum.
“Sosialisasi ini tentunya dapat memberikan masukan positif bagi lembaga kita, karena dalam pertemuan ini kita semua akan menyimak dan menyamakan persepsi bagaimana memberikan standar minimal pelayanan yang baik,” terangnya. Selasa, (24/11) di Ruang Rapat Satu Lantai Tiga Rektorat.
Meski begitu diakui pejabat universitas yang bertanggung jawab dalam bidang sumber daya manusia ini, meminta kepada para peserta agar tidak hanya mengedepankan standar pelayanan semata. Akan tetapi dirinya berharap adanya komunikasi yang baik dalam setiap pelayanan di Kampus Gunung Kelua Sebutan Unmul ini.
“Saya berharap ke depan setiap orang mempunyai kapasitas yang baik tidak hanya di bidang pelayanan tetapi memiliki komunikasi yang baik pula, karena yang diperlukan bukan hanya output tetapi outcame juga perlu di perhatikan. Tujuannya agar apabila ada kendala yang kita hadapi dalam aspek pelayanan dapat dipahami oleh orang lain,” harapnya.
Diakhir sambutannya, mantan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini juga menyatakan standar pelayanan sangat berpengaruh dengan sistem kerja Unmul ke depan. Terkhusus kaitannya dengan sistem remunerasi yang mulai di terapkan Unmul tahun 2016. (hms/frn)
Tanggal : 24 November 2015