Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Tim UNMUL Sosialisasikan Masuk PTN Hingga Hulu Sungai Mahakam

Meskipun harus menempuh jalur darat dan Sungai Mahakam hingga ratusan kilometer dari Kota Samarinda, Tidak menyurutkan semangat tim yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik, Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK), Universitas Mulawarman (UNMUL), Abdul Khadir, S.Kom., M.Si untuk memberikan Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) tahun 2019 kepada perwakilan para siswa Sekolah Menegah Atas sederajat di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim).

Kamis, (14/02), SMAN 1 Kecamatan Long Bagun, Desa Ujoh Bilang menjadi tempat sosialisasi guna menyampaikan informasi terkini pelaksanaan tiga jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Long Bagun, Benediktus BL, S.Pd menyatakan, informasi yang disampaikan tim sosialisasi UNMUL sangat penting bagi para siswa di Mahulu, khususnya bagi siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas kedatangan tim dari UNMUL. Pesan saya kepada siswa untuk memperhatikan betul informasi yang disampaikan. Sosialisasi ini sangat berguna bagi peserta didik kami yang berada di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu untuk meraih masa depan,” tuturnya.

Walaupun kegiatan sosialisasi seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun, meski begitu ungkap Abdul Khadir terdapat perbedaan signifikan dalam proses pelaksanaan SBMPTN tahun 2019. Perbedaan itu jelasnya, sebelum mendaftar SBMPTN para siswa wajib memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk kemudian mendaftar SBMPTN yang dibuka mulai 10 hingga 24 Juni 2019 melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

“Setelah SNMPTN yang sekarang sudah masuk proses pendaftaran, jalur selanjutnya yang bisa diikuti para siswa lulusan tiga tahun terakhir adalah SBMPTN. Sesuai jadwal yang ditentukan, pendaftaran UTBK akan dimulai pada tanggal 1 Maret sampai 1 April 2019. Dengan waktu pelaksanaan UTBK adalah 13 April hingga 26 Mei 2019 mendatang dengan ketentuan UTBK dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu,” jelasnya.

UTBK tambahnya, terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dirancang untuk memprediksi peserta mampu menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi. “Setiap siswa hanya diperbolehkan memilih dua program studi dari satu PTN atau masing - masing satu prodi dari dua PTN. Setiap peserta diperbolehkan mengikuti tes maksimal dua kali,” katanya.      

Sementara itu, jika belum berkesempatan lolos pada jalur SNMPTN dan SBMPTN, tahun ini UNMUL juga kembali membuka jalur SMMPTN untuk memberikan kesempatan para siswa menempuh studi yang pendaftarannya akan dimulai tanggal 25 Juni sampai dengan 16 Juli 2019. (hms/frn)  

 

Foto: Firdan Farezal

Laporan Langsung Staf Humas UNMUL, Firdan Farezal, S.I.Kom dari Ujoh Bilang, Kabupaten Mahakam Ulu

 

Tanggal : 14 Februari 2019

Universitas Mulawarman