Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Tim Peneliti Multy Award UNMUL Lakukan Indepth Interview dengan Pemkab PPU

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), termasuk salah satu daerah yang sangat antusias mengikuti Anugerah Mulawarman University Award (Multy Award) Universitas Mulawarman (UNMUL) Tahun 2023. Hal ini terlihat dari beberapa Kegiatan yang diikuti Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Nicko Herlambang.

Rangkaian kegiatan pertama Multy Award yang diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dengan sangat antusias adalah Sosialisasi Multi Award 2023 di Kantor Gubernur Kaltim pada tanggal 24 Agustus 2023. Walau secara resmi, Peneliti Multy Award baru akan melakukan proses Indepth Interview pada 04-09 September 2023, Pemerintah Kabupaten PPU berinisiatif untuk mengadakan pertemuan kembali dengan Peneliti Tim Multy Award pada tanggal 29 Agustus 2023. Oleh karena kesibukan tim peneliti, Peneliti dapat menghadiri rapat seluruh OPD di Kabupaten PPU melalaui zoom, acara ini sebagai rangkaian acara kedua. Pihak peneliti Tim Multy Award diwakili oleh Dr. Wahyuda dan Dr. Abdul Gafur.

Peneliti Tim Multy Award UNMUL mendapatkan berbagai macam pertanyaan seputar Parameter, Indikator, Isu strategis, jenis Penghargaan pada Multy Award dan Terakhir tentang Pengisian Data Existing dan Format Pengusulan Program Unggulan.

Rangkaian ketiga, pada tanggal 5 September 2023 bersamaan dengan jadwal pelaksanaan Indepth Interview Peneliti Multy Award,  Sekretaris Daerah Pemkab PPU mengundang jajaran Pemkab untuk mengikuti rapat dengan tim Multy Award. Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya: Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Bappelitbang, dan Kepala Bagian Pembangunan. Melalui diskusi intensif akhirnya berhasil diidentifikasi 69 Program Unggulan dengan rincian sebagai berikut:

Terdapat 12 Program Unggulan yang dimulai tahun 2019

Terdapat 24 Program Unggulan yang dimulai tahun 2021

Terdapat 33 Program Unggulan yang dimulai pada tahun 2022-2023

Menanggapi antusiasme tersebut, peneliti Multy Award Universitas Mulawarman memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten PPU untuk memilih dengan hati-hati. Karena hanya 9 dari 69 program yang dapat diikutkan dalam Anugerah Multy Award 2023. Sembilan Program Unggulan tersebut adalah:

Pertumbuhan Ekonomi

Pemerataan Ekonomi

Pemberdayaan Ekonomi

Pelayanan Pendidikan

Pelayanan Kesehatan

Pelayanan Administrasi Publik

Partisipasi Publik

Kesinambungan Politik Publik

Pertanggungjawaban terhadap Publik

Setelah melalui diskusi secara marathon, selama 2 hari mulai tanggal 05-06 September 2023, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, telah berhasil memilih 9 Program Unggulan dari 69 Program yang ada. Kesembilan program ini yang akan diusulkan untuk dapat berkompetisi dalam Multy Award 2023. Selanjutnya, tim Peneliti Multy Award melakukan Indepth Interview terhadap usulan program ini. Indepth Interview menjadi tahapan sangat penting untuk memastikan dua hal. Pertama, Legalitas Program. Artinya, Proses ini akan memastikan bahwa setiap program yang diusulkan harus memiliki Payung Hukum. Payung hukum yang diharapkan adalah berupa Perda, namun apabila tidak ada bisa payung hukum yang lain berupa Peraturan Bupati/Peraturan Walikota, Pertaturan SKPD dan seterusnya. Selain itu, Program yang diusulkan harus memiiki Pengelola dan Petunjuk Teknis yang jelas.

Kedua, Inovasi Daerah. Proses Indepth Interview hendak memastikan bahwa Program yang diusulkan memiliki inovasi. Inovasi dalam Perspektif Multy Award harus memenuhi beberapa hal yang disingkat PROGRAMS. Singkatan ini terdiri dari PR (Participation), O (Operational), G (Genuine), R (Representative), A (Antique), M (Murah), S (Sustainable).

Parricipation: Seberapa besar program yang diusulkan dapat mengakomodir dan memberi peluang kepada masyarakat untuk turut serta dalam setiap proses pelaksanaan pembangunan. Oprational: seberapa jauh dapat dilaksanakan dan dapat diimplementasikan. Genuine: Seberapa besar program yang diusulkan dikreasi berdasarkan ide dan inisiatif daerah sendiri. Representative: Selayak apa sebuah program dapat diteladani dan ditiru oleh daerah lain. Antique: seberapa khas dan unik program yang diusulkan dibandingkan program lainnya yang sejenis. Murah: Seberapa besar program yang diusulkan dapat menggunakan sumberdaya yang ada di daerah, dimana semakin murah dan atau semakin variative sumber pendanaan, maka semakin baik.

Setelah melalui proses indepth interview, akhirnya Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara secara resmi mengusulkan 9 program Unggulan yang akan dikompetisikan pada Multy Award 2023. Pada saat serah terima, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara diwakili oleh Sekretaris Daerah sedangkan Peneliti Multy Award diwakili oleh Dr. Ir. Wahyuda dan Dr. Abdul Gafur.

Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara akan mengikuti seluruh indikator atau kategori yang dikompetisikan di Anugerah Multy Award 2023.

Penulis dan Foto: Tim Peneliti Multy Award UNMUL

Peneliti: Dr. Ir. Wahyuda dan Dr. Abd Gafur

Tanggal : 05 September 2023

Universitas Mulawarman