Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

TIM KDMI UNMUL Tampil di Seleksi Tingkat Wilayah

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) memasuki Seleksi Tingkat Wilayah yang diagendakan bergulir pada hari Rabu, (16/08) sampai dengan Jum’at, (18/08). Universitas Mulawarman (UNMUL) telah menetapkan tiga orang mahasiswa perwakilannya setelah terpilih menjadi yang terbaik pada seleksi tingkat Universitas untuk ajang tahunan yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional,Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi itu.

Mereka adalah Imelda Palimbunga dari Fakultas Hukum, Aria Pratama dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Muhammad Kabir Taufiqulhakum Rusydi asal Fakultas Teknik.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si sebelum KDMI tingkat wilayah dimulai berpesan agar mahasiswa yang ikuti kompetisi untuk menunjukan kemampuan berpikir kritis tersebut, tidak gentar menghadapi delegasi mahasiswa lainnya dari Perguruan Tinggi lainnya di Pulau Kalimantan.

“Jika lolos nanti ke tingkat Nasional, tentunya kami juga akan mendukung penuh. Diantaranya segala fasilitas penunjang selama mengikuti KDMI Nasional di Kota Serang, Provinsi Banten. Kita sebagai universitas besar di Kalimantan tidak perlu takut untuk bersaing. Tunjukanlah kemampuan Ananda sekalian,” tuturnya memberi motivasi kepada mahasiswa.

Mahasiswa yang mengikuti KDMI merupakan representasi universitas, oleh sebab itu pejabat Universitas yang akrab disapa WR 3 ini memastikan para dosen dan unit kerja terkait akan selalu memberikan pendampingan maksimal dalam berbagai hal yang diperlukan. 

“Kita tidak boleh minder melihat peserta lainnya dari universitas besar yang ada, semua mahasiswa cerdas, tapi bagaimana kita harus mampu mengelola akal kita dan terus belajar untuk meraih prestasi. Saya yakin kalian semua mampu,” tegasnya.

Rewards khusus juga tambahnya, sudah disiapkan dan akan mengakomodir segala sesuatu hal terkait keikutsertaan delegasi UNMUL di ajang ini. “Selamat bertanding, kita berdoa bersama, asah terus potensi diri yang kita miliki. Dengan demikian saya buka seleksi wilayah KDMI tahun 2023 di UNMUL, kita buka dan mulai dengan mengucapkan Basmallah. Selamat berjuang,” tuturnya. Rabu, (16/08).

Ketua Tim Teknis KDMI UNMUL, Wasono, S.Si., M.Si ditempat yang sama mengatakan, pada hari ini peserta seleksi akan melaksanakan empat ronde dari total enam ronde yang akan dipertandingkan. Dari enam ronde tersebut kemudian akan dipilih enam yang terbaik berdasarkan poin kemenangan.

“Enam terbaik itu akan menuju KDMI tingkat nasional dari perwakilan pulau Kalimantan atau LLDIKTI XI. Dan hari ini dari UNMUL ada dua pembicara atau debaters juga satu orang juri binaan atau biasa disebut N1 Adjudicator,” ungkapnya kepada Humas UNMUL.

Lebih lanjut tambahnya, pada KDMI tahun lalu UNMUL sudah berhasil mengirimkan wakilnya di tingkat nasional dan menjadi 15 besar pembicara terbaik.

“Dengan demikian kami berharap tahun ini kita bisa masuk ke Final dan menjadi pembicara terbaik tingkat nasional juga. Berbeda dari tahun lalu, untuk KDMI tingkat nasional tahun ini akan digelar secara offline di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Kami sampaikan terima kasih atas dukungan besar untuk seleksi tingkat wilayah ini,” sampainya.

Seleksi Wilayah KDMI Tingkat Wilayah digelar secara online di Ruang VICON, Lantai III, Gedung Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si, Jalan Sambaliung, Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. (hms/frn)

 

Foto: Hartanto

Link Terkait:

UNMUL Laksanakan Seleksi KDMI Tingkat Universitas Tahun 2023

Ini Dia Mahasiswa UNMUL yang Lolos KDMI ke Tingkat Wilayah

Tanggal : 16 Agustus 2023

Universitas Mulawarman