Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Tanam 500 Pohon Mangrove, PMM3 Inbound UNMUL Sukses Lakukan Kontribusi Sosial

Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 (PMM3) Inbound Universitas Mulawarnan (UNMUL) sukses melakukan kegiatan kontribusi sosial tanam mangrove di Kecamatan Muara Badak, Samarinda. Koordinator PMM3 UNMUL, Adi Tri Pramono S.Fil., M.E., membuka kegiatan Kontribusi Sosial Secara Resmi di dermaga Pantai Panrita Lopi. Kegiatan ini di ikuti oleh 94 mahasiswa program PMM yang berasal dari 64 Perguruan tinggi dari 18 provinsi di Indonesia, Laison Officer, Dosen Modul Nusantara serta turut dihadiri dan didukung oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Kota Samarinda.  Kegiatan ini hadir untuk memberikan gebrakan baru melalui aksi nyata sebagai bentuk pelestarian alam di Pulau Kalimantan.

Salah satu program yang tercakup dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah Modul Nusantara yang didalamnya terdapat kontribusi sosial. Sabtu, 25 November 2023 menjadi Sejarah baru bagi PMM Inbound UNMUL yang sukses menggencarkan aksi tanam mangrove tepatnya di Pantai Panrita Lopi, Muara Badak, Samarinda. Dengan Mengusung tema “One Three One Green World” kegiatan ini diharapkan mampu membantu pelestarian alam di Pulau Kalimantan. Bapak Mansur selalu pengelola POKDARWIS menyampaikan bahwa didaerah muara badak cocok dengan mangrove jenis avicennia.

“Hari ini kita akan menanam mangrove jenis avicennia, karena jenis ini sagat dengan lingkungan disini dan mudah besar seperti yang ada dibelakang adek adek itu usianya baru sekitar tiga tahun. Hari ini saya senang sekali bisa mendampingi adek adek melaksanakan kegiatan luar biasa ini,” ucap Mansur selalu pengelola pokdarwis.

Perjalanan yang ditempuh dari dermaga menuju lokasi memerlukan waktu sekitar 10 menit menggunakan perahu. Lokasi penanaman mangrove memiliki kedalaman lumpur mencapai lutut di beberapa titik, meski begitu semangat peserta tak sedikitpun goyah saat menjajaki tanah lumpur untuk menanam mangrove. Ini akan menjadi langkah awal mahasiswa untuk terus memberikan kontribusi terhadap Masyarakat dan lingkungan. Dengan adanya kolaborasi dengan POKDARWIS membuat kegiatan ini adalah bukti nyata adanya sinergitas antara beberapa pihak seperti diantaranya mahasiswa, sivitas akademika dan kelompok pemerhati lingkungan untuk Bersatu dalam Upaya keseimbangan dan harmoni alam serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian bumi.

“Saya sangat berterimakasih kepada adek adek dari seluruh Indonesia yang telah bersama sama melakukan kegiatan ini sebagai bentuk usaha kita bersama dalam melestarikan alam di pulau Kalimantan,” ungkas Mansur. (*pmm/hms/zul)

Tanggal : 25 November 2023

Universitas Mulawarman