Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Talkshow Public Relations: Bahas Tuntas Transformasi Public Relations di Era Digital

Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar Talkshow Public Relations yang berjudul Bahas Tuntas Transformasi Public Relations di Era Digital dengan menghadirkan dua narasumber yang berasal dari Kehumasan yakni Robby Adhitya, S.I.Kom yang bekerja sebagai Humas Universitas Mulawarman dan L. H. Aldo Yediya, S.I.Kom., M.M., yang bekerja sebagai PR Rumah Sakit Samarinda Medika Citra (SMC) yang merupakan Alumni dari Ilmu Komunikasi. Talkshow ini sendiri dipandu oleh Kepala Laboratorium Televisi dan Fotografi, FISIP UNMUL yang juga Dosen Ilmu Komunikasi yakni Hj. Hairunnisa Husain, S.Sos., M.M.

Dr. Rina Juwita, S.IP., MHRIR selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi juga hadir melalui ruang Zoom Meeting menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebuah kesempatan yang sangat luar biasa pada hari ini untuk dapat berdiskusi dan menggali ilmu lebih banyak mengenai bagaimana Humas atau Public Relations bertransformasi di era digital saat ini. “Beberapa waktu yang lalu, Perhumas Indonesia melalui Konvensi Nasional Humas menggaungkan slogan #IndonesiaBicaraBaik ditengah era post truth yang dimana kehadiran Teknologi Informasi saat ini memberi kita kesempatan untuk mendapatkan keterbukaan informasi juga terdapat banyak sekali hoaks yang yang mengubah persepsi masyarakat akan kehidupan kita. Hal ini juga dapat menimbulkan ketidakpercayaan kita terhadap berbagai pihak. Kaprodi Ilmu Komunikasi ini juga mengatakan bahwa hoaks juga dapat ditanggulangi dengan melakukan edukasi kepada publik melalui Komunikasi Publik juga Key Opinion Leader, pinta Dr. Rina.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Dr. Muhammad Noor, M.Si yang hadir secara langsung mengatakan bahwa pertemuan antara beliau dengan para mahasiswa yang berada didalam ruangan adalah sebuah contoh konkret bagaimana pentingnya kemampuan seseorang untuk berkomunikasi menggunakan sebuah alat yang lebih canggih yakni digital. Kegiatan yang dilakukan setiap hari oleh seseorang seperti mengobrol dan berdiskusi pun dapat dilakukan dengan mudah melalui teknologi digital. “Hari ini kita sudah mendatangkan dua orang pakar di bidang Kehumasan, Public Relations. Karena bukan saja mereka berbasis pendidikan di Ilmu Komunikasi, secara praktis juga mereka bergerak di bidang Kehumasan juga Public Relations dan itu sudah bertahun-tahun. Sehingga apa yang disampaikan oleh narasumber tidak hanya teori ataupun katanya, tetapi apa yang sudah melakukan secara praktek dalam kehidupan sehari-hari. Dan yang lebih membanggakan lagi bahwa kedua narasumber ini adalah alumni dari Program Studi Ilmu Komunikasi," jelasnya.

Dr. Muhammad Noor berpesan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi yang hadir melalui Zoom Meeting ataupun secara langsung untuk dapat memanfaatkan sebaik-baiknya momentum pada hari ini, karena kedua narasumber akan berbagi ilmu dan pengalamannya secara praktis serta silakan menggali sebanyak-banyaknya. “Salah satu terminal seorang alumni Ilmu Komunikasi adalah di Public Relations ini dan juga tentunya pada berbagai bidang lainnya," tutup Dekan FISIP UNMUL dengan resmi membuka kegiatan ini.

Talkshow Public Relations: Bahas Tuntas Transformasi Public Relations di Era Digital ini dihadiri juga oleh Wakil Dekan I FISIP UNMUL, Dr. Phil. I Ketut Gunawan, MA juga para dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi antara lain Dr. Erwiantono, M.Si, Kadek Dristiana D, S.Sos., M.Med.Kom serta para mahasiswa Ilmu Komunikasi yang hadir. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid melalui ruang Zoom Meeting dan siaran langsung melalui Kanal YouTube UNMUL TV pada Rabu, 6 April 2022. Bila ingin menyaksikan talkshow yang menarik ini, silakan menuju laman berikut ini: https://youtu.be/gyl9BTQElc0 atau dapat langsung menuju Kanal YouTube UNMUL TV. (hms/tik)

Tanggal : 06 April 2022

Universitas Mulawarman