Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Tahun 2020, Mahasiswa Dapat Ikuti Kompetisi KN MIPA dan KRI

Dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) serta peningkatan kualitas perguruan tinggi, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan berbagai kegiatan fasilitasi yang salah satunya adalah Kompetisi Nasional bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (KN MIPA).

Seperti tertuang dalam petunjuk pelaksanaan KN MIPA tahun 2020, melalui kegiatan ini diharapkan dapat diperoleh prestasi mahasiswa dan masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA serta ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi di masyarakat.

Di Universitas Mulawarman (UNMUL), seleksi bagi mahasiswa akan dilaksanakan pada rentang waktu 9 hingga 25 Maret mendatang, adapun KN-MIPA tahun 2020 dilakukan dalam tiga tahap seleksi. Tahap pertama tingkat perguruan tinggi untuk menentukan maksimal enam mahasiswa terbaik pada masing-masing bidang studi untuk mengikuti tahap selanjutnya, tahap kedua tingkat wilayah dikoordinasikan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) dan seleksi tingkat nasional.

KN MIPA bertujuan diantaranya yakni meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA, sekaligus memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi yang diikuti mahasiswa Program Studi (Prodi) Sarjana maksimal semester delapan.

 

Kontes Robot Indonesia (KRI) Tahun 2020

Sebagai Implementasi kebijakan Kampus Merdeka juga pengembangan kompetisi di era Revolusi Industri 4.0, Society 5.0, masih di program kerja Puspresnas Kemendikbud, Pemerintah mengadakan pula Kontes Robot Indonesia (KRI) yang terdiri dari enam divisi yaitu, Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI Beroda), Kontes Robot Sepak Bola Humanoid (KRSBI Humanoid), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Diketahui, batas waktu penerimaan proposal dalam bentuk hardcopy dan softcopy paling lambat diterima panitia pada tanggal 20 Maret 2020 pukul 18.00 WIB secara online di https://kontesrobotindonesia.id/index.html.  

Sementara itu, tujuan KRI 2020 adalah menumbuhkembangkan dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa di Perguruan Tinggi, mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ke dalam dunia nyata, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika, meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah bangsa dengan menggunakan teknologi robotika.

Selain itu, memperkenalkan unsur-unsur seni dan budaya bangsa Indonesia khususnya seni tari yang telah terkenal di bumi pertiwi kepada mahasiswa di Perguruan Tinggi dan membudayakan iklim kompetitif di lingkungan perguruan tinggi. (hms/frn)

 

Petunjuk Pelaksanaan KN MIPA tahun 2020, klik DISINI

Petunjuk Pelaksanaan Kontes Robot Indonesia Tahun 2020, klik DISINI

Tanggal : 09 Maret 2020

Universitas Mulawarman