Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2021

Selasa, (27/07), Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting. Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNMUL, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP.

Dalam kegiatan ini dijelaskan tentang apa itu Kampus Merdeka serta bagaimana bentuk Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sesuai dengan Permendikbud 3 tahun 2020 tentang SNPT, mahasiswa memiliki kesempatan untuk menempuh pembelajaran diluar kampus.

Selain itu, berdasarkan Kepmendikbud 75/P/2020, Perguruan Tinggi didorong melakukan Transformasi Pendidikan Tinggi berdasarkan Kebijakan Kampus Merdeka melalui Kebijakan 8 Indikator Kinerja Utama. Penyampaian informasi ini disampaikan oleh PIC Magang MBKM UNMUL, Ir. Masayu Widiastuti, MT.

“Kemudian, magang atau praktek kerja merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui kerjasama dengan mitra, antara lain Perusahaan, Yayasan Nirlaba, Organisasi Multilateral, Institusi Pemerintah maupun perusahaan rintisan (start up),” paparnya pada sosialisasi sekaligus memandu jalannya diskusi.

Kampus Merdeka tambahnya, juga menawarkan delapan bentuk kegiatan pembelajaran diluar kampus, antara lain, Magang, Studi Independen, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha dan Membangun Desa atau Kuliah Kerja Nyata Tematik.

“Program Magang ini bertujuan agar mahasiswa bisa mendapat pengalaman dan pembelajaran secara riil berupa hardskill dan softskill. Program pemagangan ini berdurasi sekitar satu sampai dua semester dan memberikan kemudahan mendapatkan talenta yang cocok dan mengurangi training rekrutmennya,” tambahnya.

Melengkapi sosialisasi yang dihadiri para mahasiswa dan unit pengelola terkait di lingkungan UNMUL ini, disampaikan pula proses alur Pendaftaran Aplikasi Magang yang dilakukan oleh Tim Administrasi Magang, Ari Wibowo, S.H., M.H.

Diketahui, agenda dari Program MBKM ini dimulai dari tanggal 4 Juni 2021 dengan Kemendikbudristek telah menetapkan program dari Mitra IDUKA yang diterima hingga 23 Agustus 2021 dimana program tersebut mulai dijalankan.

Program Magang di Universitas ini dapat dilaksanakan di lokasi Industri, Instansi, Organisasi, Masyarakat, PMMB BUMN–FHCI, KedaiReka UNMUL–Gojek dan lain-lain. Adapun Mahasiswa terpilih bisa mengikuti program dengan baik dan menjalankan semua proses yang ada, sejak onboarding, pengenalan program, sesi pendampingan oleh mentor yang sudah ditentukan dan menyelesaikan tugas yang dibebankan dengan membuat laporan yang ditetapkan. (hms/tik/frn)

Tanggal : 27 Juli 2021

Universitas Mulawarman