Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Sosialisasi Masuk PTN Berlanjut di Kota Balikpapan

Sosialisasi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019 melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN terus di galakkan. Selasa (12/02), Tim Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali melanjutkan sosialisasi di Kota Balikpapan. Terselenggara di Aula SMK N 4 Balikpapan, kegiatan ini dihadiri perwakilan MKKS, Kepala Sekolah, para guru dan siswa se-Balikpapan.

Ir. Suyadi M.S., Ph.D selaku Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL, mengawali paparan mengenai profil UNMUL. “Berdiri sejak tahun 1962, hingga sekarang UNMUL telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Saat ini UNMUL memiliki 14 fakultas dan 1 program pascasarjana,” tuturnya.

Selain itu, Suyadi menerangkan adanya perubahan presentase jalur penerimaan PTN 2019. “Presentasenya jalur SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen dan SMMPTN maksimal 30 persen yang semuanya berdasarkan daya tampung setiap prodi di PTN,” terangnya.

Senada dengan hal tersebut, Isai Julianto Mangele, S.Kom, Staf IT Akademik UNMUL menjelaskan tentang tata cara pendaftaran melalui slide presentasi. “Pendaftaran SNMPTN dibuka hingga 14 Februari 2019. Jadi bagi yang belum mendaftar silahkan segera melakukan pendaftaran,” ujarnya.

Selanjutnya, lanjut Isai, akan dibuka jalur kedua yaitu SBMPTN. “Sebelum mendaftar SBMPTN, para siswa diwajibkan melakukan pendaftaran UTBK melalui laman pendaftaran.utbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN dan NPSN. Pendaftaran ini dibuka mulai 1 Maret hingga 1 April 2019,” imbuhnya.

Dihari yang sama Kepala sekolah SMK N 4 Balikpapan, Mujadi, S.Pd., M.Pd turut hadir dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. “Terimakasih karena telah mempercayakan kembali sekolah kami sebagai tempat kegiatan sosialisasi ini. Saya harapkan melalui pertemuan ini akan ada suatu kejelasan dan semoga sosialisasi ini dapat berjalan dengan baik,” harapnya. (hms/rob)

Foto : Robby Adhitya

Laporan langsung staf Humas UNMUL, Robby Adhitya, S.I.Kom dari Balikpapan

 

Berita terkait :

Ini Dia Syarat Baru Ikuti SBMPTN 2019

UNMUL Lakukan Sosialisasi Aturan Baru Masuk PTN 2019

 

Download materi Sosialisasi klik DISINI

Tanggal : 12 Februari 2019

Universitas Mulawarman