Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Sosialisasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran–Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Universitas Mulawarman (UNMUL) mengadakan Sosialisasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran–Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau BKP-MBKM yang diadakan di Integrated Laboratory UNMUL dengan menghadirkan berbagai Koordinator PIC. Acara ini sendiri pula dilaksanakan sebagai bentuk penyampaian atau penjelasan untuk segenap perwakilan setiap Fakultas maupun para Koordinator Program Studi di Lingkungan UNMUL. Sosialisasi ini pula dihadiri oleh Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan, Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, M.P., dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas, Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si maupun pejabat terkait lainnya yang hadir secara luring maupun daring.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya kebutuhan untuk perubahan atau kompetensi dari para lulusan setiap Perguruan Tinggi adalah suatu keniscayaan. Karena pada kenyataannya, perubahan karakter generasi-dengan adanya generasi alfa (sekitar tahun 2010) dan mahasiswa yang saat ini kita hadapi adalah generasi X ataupun Y. “Persoalan yang kita hadapi adalah sebuah ujian. Dan Kementerian telah mewajibkan kita untuk mempercepat pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ataupun MBKM. UNMUL bukannya menolak untuk melaksanakan MBKM, namun kita menyadari bahwa kesiapan kita belum cukup untuk mengimplementasikan MBKM itu sendiri,” tutur Prof. Agung.

Dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, di UNMUL mengambil langkah dengan memasukkan MBKM didalam Peraturan Akademik Tahun 2019/2020, lalu menyusun panduan maupun petunjuk teknis dan menyusun PIC serta SOP juga sebentar lagi akan meluncurkan aplikasi MBKM yang kini sudah selesai dikembangkan dalam waktu dekat dan akan berjalan dengan lancar.

Selain itupula, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si sebagai Rektor UNMUL mengharapkan mahasiswa disaat seperti ini dapat mengikuti kesempatan yang sangat baik ini melalui Program MBKM dan mengimplementasikan hal tersebut ditengah-tengah masyarakat saat ini. Selain itu pula, manfaatnya akan terasa saat pengalaman dapat menjadi salah satu faktor penunjang untuk menjadi nilai tersendiri saat bekerja di berbagai aspek kehidupan. “Inilah yang membuat UNMUL semakin yakin bahwa MBKM merupakan program yang bagus dengan memiliki berbagai dosen pengampu yang dapat membagikan ilmunya. Maka dari itu juga, perlu di fasilitasi agar dapat terlaksana dengan baik. Serta ini merupakan kegiatan berkelanjutan dan semakin kedepan pun akan semakin berkembang dengan baik,” ungkap Prof. Masjaya.

Lebih lanjut, Prof. Masjaya menambahkan sangat berterima kasih kepada Prof. Agung selaku Wakil Rektor I karena sudah menggagas program ini dengan baik, jadi ia mengharapkan para Koordinator Program Studi yang hadir secara daring maupun luring dapat mendengarkan dan memahami Sosialisasi BKP-MBKM ini untuk menyukseskan program ini. Kemudian, acara sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan dari setiap Koordinator PIC yang dipandu oleh Koordinator MBKM, Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd yang dimulai dengan pemaparan dari Dr. dr Swandari Paramita, M.Kes., Program Proyek Kemanusiaan, Widi Sunaryo, Ph.D, Program Studi Independen, Program Magang, Dr. Masayu Widiastuti, Dr. Kiswanto – Program KKN/Tematik, Hasyim Mustamin, M.Ed – Program Pertukaran Mahasiswa, Dr. Aditya Irawan – Program Asisten/Kampus Mengajar, Dr. Sukartiningsih – Program Riset, Dr. Rusliansyah – Program Kewirausahaan dan Dr. Fathul Hani – Program Bela Negara.

Sosialisasi ini berlangsung pada Jum’at, 3 Desember 2021 di Gedung Integrated Laboratory Universitas Mulawarman sejak pagi hari hingga sore hari dengan harapan untuk setiap mahasiswa dapat mengambil kesempatan ini dengan baik untuk meningkatkan kemampuan dirinya dan diimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan. Bilamana mahasiswa tertarik dengan program MBKM ini dapat menghubungi Koordinator Program Studi masing-masing. (hms/tik/zul)

Foto                 : Hartanto

Screen Shoot : Robby Adhitya

Tanggal : 04 Desember 2021

Universitas Mulawarman