Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Siap di Gunakan, UNMUL Lakukan Serah Terima Gedung IsDB ke Para Pengguna

Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan serah terima gedung dari Rektor ke para pengguna. Acara ini dilaksanakan karena telah selesainya Pembangunan Gedung dan Infrastruktur Proyek IsDB. Serah terima gedung IsDB ini pimpin langsung oleh Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si ke para pengguna, Kamis (1/4).   

Dalam laporannya Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si selaku Vice Director/ PPK PIU IsDB menyampaikan kita sekarang ini berkumpul di UNMUL atau diistilahkan terminal UNMUL. “Proyek ini merupakan proyek 4 in 1, empat universitas bersama yaitu Universitas Jember (UNEJ), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan Universitas Mulawarman (UNMUL). Untirta ini sendiri sudah diresmikan oleh Pak Presiden Republik Indonesia. Mudah-mudahan UNMUL diuruskan juga supaya Pak Presiden bisa meresmikan proyek yang ada di UNMUL ini. Untuk diketahui, bahwa pada hari ini bukan peresmian agenda pada hari adalah serah terima pemanfaatan gedung karena ini merupakan anjuran dari Kemendikbud begitu selesai silakan langsung dimanfaatkan jangan sampai tidak termanfaatkan,” urai Dr. Bohari.

Lebih lanjut, Dr. Bohari memaparkan, sampai saat ini kita tergabung dalam konsorsium empat universitas dan alhamdulillah dan mudahan berlanjut terus menjadi bagian dari kerja sama yang baik dan UNMUL mengusung dan sudah diakui dan di SK kan oleh Kemenristek pada waktu itu menjadi Center of Excellent untuk Tropical Studies. “Kami ingin menyampaikan bahwa yang akan diserahkan sekarang ini adalah kita menyerahkan dulu ke empat fakultas yaitu ke Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Farmasi (FF) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) supaya semaksimalnya dimanfaatkan tetapi yang gedung ini UNMUL HUB dan Integrated Laboratory juga sudah bisa dimanfaatkan. Gedung ini siapa saja bisa boleh menggunakan di UNMUL,” jelasnya.

“Di UNMUL HUB ini sendiri dilantai 2 dan 4 itu ada ICT Center yang bisa memantau 8 gedung dengan CCTV. Jadi, dari sini bisa memantau. Kami sampaikan juga bahwa Insha ALLAH apa yang melekat di gedung cukup bagus kualitasnya. Insha ALLAH kualitasnya bukan kaleng-kaleng,” ungkapnya.

Sementara, Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dalam sambutannya mengatakan salah satu tujuan pertemuan kita hari ini dan serah terima pemanfaatan adalah supaya dana yang banyak dibangun oleh bantuan IsDB itu betul-betul kita bisa pelihara dan dimanfaatkan. “Mulai hari ini seluruh aktivitas pengelolaan menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna. Aktivitas seperti ini bagian dari upaya kita agar kita nanti sampaikan ke Kementerian bahwa gedung ini sudah dimanfaatkan tetapi belum diresmikan. Selaku Rektor saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama doa dan dukungan dari Civitas Akademika secara khusus para rekanan dan kontraktor yang bekerja maksimal dalam pengawasan,” tegasnya.

“Banyak orang bisa membangun gedung tetapi tidak bisa memelihara dan memanfaatkan. Jadi salah satu idenya menyerahkan dulu sebelum diresmikan supaya dipelihara dan dimanfaatkan oleh keempat fakultas, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Farmasi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat," pungkasnya.

Setelah melaksanakan kegiatan serah terima gedung dari Rektor ke para pengguna. Kegiatan ini dilanjutkan dengan kunjungan ke gedung-gedung IsDB project UNMUL. (hms/zul)  

Foto: Sulkarnain

Tanggal : 02 April 2021

Universitas Mulawarman