Universitas Mulawarman

Berita

Images Images Images Images Images Images

Universitas Mulawarman

Seleksi ONMIPA, Sarana Kembangkan Diri dan Kolaborasi Khususnya di Bidang Sains

20 Mahasiswa UNMUL Ikut Bersaing di Ajang ONMIPA Tingkat Wilayah

Universitas Mulawarman (UNMUL) mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti Seleksi Tingkat Wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) yang diadakan oleh PUSPRESNAS-BPTI Kemendikbudristek Tahun 2024. 

Seleksi Tingkat Wilayah dilaksanakan secara online/daring, sehingga UNMUL memberikan fasilitas kepada Mahasiswanya. Dimana terdapat dua lokasi berbeda yang telah dipersiapkan untuk menunjang perwakilan UNMUL dalam ONMIPA-PT saat bertanding. Peserta ONMIPA-PT UNMUL menggunakan Lab. Komputer Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), dan di Lab. Komputer Fakultas Teknik (FT) UNMUL.

Pembukaan seleksi tingkat wilayah dilaksanakan pada Selasa (23/04/2024) secara online/daring. Dimana tema yang di angkat untuk ONMIPA-PT tahun 2024 bertajuk “Berprestasi Membangun Kolaborasi”.

Pelaksanaan seleksi tingkat wilayah ini dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 24-25 April 2024 yang mana seleksi di bagi dalam dua sesi. Sesi pertama akan dilaksanakan di Lab. Komputer FISIPOL UNMUL dan sesi kedua di Lab. Komputer Fakultas Teknik UNMUL.

Dalam pembukaan ONMIPA-PT untuk seleksi tingkat wilayah, Ketua Pelaksana, Dr. Eng. Amiruddin, S.Si., M.Si., mengungkapkan bahwa terdapat 3.887 Mahasiswa yang berasal dari 313 Perguruan Tinggi se-Indonesia yang berhasil mendaftar dimana total ini terdiri dari empat bidang yaitu Fisika 813 Mahasiswa, Kimia 818 Mahasiswa, Biologi 1.500 Mahasiswa dan Matematika 1.200 Mahasiswa. 

UNMUL sendiri berhasil mengirimkan 20 mahasiswa-nya yang terdiri dari lima mahasiswa dalam setiap bidang yang ada, untuk mengikuti seleksi ONMIPA-PT tingkat wilayah Kalimantan.

Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, yang merupakan Plt Kepala BPTI dalam sambutannya memaparkan bahwa, kegiatan ini bukan sekedar ajang lomba, namun lebih daripada itu, melalui ajang ini kita mempersiapkan SDM Indonesia. “BPTI mengadakan kegiatan ini secara berjenjang, tidak hanya di tingkat perguruan tinggi akan tetapi mulai dari SD, SMP dan SMA yang di kenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN),” urai Dr. Maria.

Keberlanjutan terkait dengan talenta riset, inovasi dan sains akan terus-menerus di upayakan dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak, dan dalam konteks ONMIPA-PT akan terus diupayakan agar ada keberlanjutannya.

Menutup sambutannya, Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, berpesan selamat berlomba, jadikan ONMIPA-PT sebagai sarana mengembangkan diri, berkolaborasi khususnya di bidang sains yang menjadi kebutuhan negara ini.

Rektor Universitas Hasanuddin (UNHAS), Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. selaku tuan rumah penyelenggaraan ONMIPA-PT tahun 2024 turut memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi seleksi ONMIPA-PT tingkat wilayah secara nasional. 

Dalam sambutannya Prof. Jamaluddin Jompa mengungkapkan rasa syukurnya karena ada kegiatan seperti ini yang dilaksanakan, sehingga mahasiswa dapat berdiri untuk bersaing dalam bidang MIPA, dan ini merupakan dasar Sains dan Teknologi di seluruh dunia, sehingga perlu untuk di kuasai. 

“Mudah-mudahan melalui ONMIPA-PT terus berkembang sehingga kita semakin semangat untuk terus meningkatkan kualitas SDM melalui sains. Hal ini dikarenakan negara kita Indonesia yang belum maju sehingga diharapkan dari tahun ke tahun progres semakin baik, dan terus mengembangkan budaya akademik yang lebih baik, yang di kenal dengan ‘Scientific culture of Excellence’. Sehingga Indonesia mampu untuk bersaing dengan negara-negara lain, terutama dalam bidang sains dan teknologi,” ungkap Rektor UNHAS.

UNMUL sendiri selaku salah satu Perguruan Tinggi yang ikut serta dalam ONMIPA-PT telah mempersiapkan talenta perwakilan terbaiknya, setelah melakukan seleksi yang mulai tingkat fakultas hingga tingkat universitas. 

Tidak hanya itu, perwakilan terpilih dalam ONMIPA-PT dari UNMUL telah diberikan bekal pendampingan dan pelatihan oleh dosen yang ahli dibidangnya masing-masing untuk mempersiapkan mereka untuk bersaing di seleksi tingkat Wilayah, sehingga bisa lolos ke tingkat nasional yang akan di laksanakan di Universitas Hasanuddin, Makassar.

 

Penulis  : Zulkifli

Editor    : Sulkarnain

Foto       : Hartanto

Tanggal : 24 April 2024

UNMUL Puspresnas BPTI Kemendikbudristek ONMIPA