Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Seleksi MTQM Tingkat UNMUL, Rektor: Bangun Energi dari Diri dan dari Hati

Seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) Tingkat Universitas sebagai persiapan mengikuti MTQM tingkat nasional atau MTQMN ke XVII, digelar Universitas Mulawarman (UNMUL) pada 30 dan 31 Agustus 2023.

Adapun Musabaqah yang berlangsung dua hari di Gedung Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si itu, adalah untuk mendapatkan mahasiswa delegasi UNMUL dalam bidang  Tartil Qur’an, Tilawah Qur’an , Qira’at Sab’ah, Hifzhil Qur’an 10 Juz, Hifzhil Qur’an 20 Juz, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an, Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an, serta Khaththil Qur’an Golongan Kontemporer, dan Dekorasi.

Ketua Panitia seleksi MTQM UNMUL, Joko Susilo S.Pd.I, M.Si menyatakan, setelah rampung melakukan seleksi pada tingkat Fakultas yang diikuti 127 ratus orang, peserta MTQM kembali bersaing menjadi yang terbaik untuk lolos seleksi tingkat Universitas sekaligus menjadi wakil UNMUL di ajang dua tahunan ini yang akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya secara luring.

“Hari ini MTQM apapun hasilnya, InsyaAllah akan menjadi yang terbaik untuk kita semua. Kita melaksanakan seleksi kali ini secara besar dari tahun – tahun sebelumnya,” ungkapnya Ruang Lecture Theatre.

Sementara itu, Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU menegaskan, sebagaimana visi UNMUL sebagai center of excellence yang mana bukan saja untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas namun juga mampu menjadi pusat peradaban. Sehingga dengan demikian, disampaikan Rektor UNMUL saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara, bahwasanya alumnus UNMUL merupakan sumber daya manusia selain memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi juga memiliki iman dan takwa.

“Jika itu semua itu terpenuhi dan berimbang, maka kita akan mendapatkan ketenangan dalam hidup ini. Dan keberhasilan akan menunggu waktu untuk kita dapatkan. Kehadiran saya disini untuk memberikan semangat dan motivasi bagi Ananda sekalian. Keberadaan saya sangat penting disini,” tuturnya.

Harapannya tambah Rektor, semangat yang dirasakan pun dirinya lihat dari para peserta cukup menggembirakan sebagai sumber tenaga untuk meraih keberhasilan dan merupakan sebuah proses pembelajaran dalam mengasah hard dan soft skill.

“Karena dimulai dari niat, langkah dan hati merupakan sebuah tanda mencapai keberhasilan. Secara pribadi bagi mahasiswa dan UNMUL. Mari kita niatkan kegiatan ini sebagai syiar agama Islam. Bukan hanya jadi juara, saya juga berharap adanya pembinaan. Keberhasilan bisa kita raih jika kita lakukan dengan komitmen,” lanjutnya.    

Secara khusus, Rektor menyampaikan rasa terimakasih kepada mahasiswa peserta seleksi karena telah berpartisipasi aktif mengikuti MTQM. Begitu pula bagi para dewan hakim dan panitia pelaksana. Ia pun menginginkan, aktivitas ini menjadi titik awal membuka langkah keberhasilan UNMUL dari bidang prestasi keagamaan. 

“Bangun energi dari diri dan dari hati. Juara bukan hanya tolak ukur yang ingin kita capai, tetapi bagaimana membangun keimanan dan ketakwaan yang harus sering kita lakukan di UNMUL. UNMUL Hebat ke depan tentunya dengan adanya kegiatan – kegiatan keagamaan seperti ini,” tutupnya. (hms/frn)   

 

Foto: Hartanto

Tanggal : 31 Agustus 2023

Universitas Mulawarman