Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Sekolah Damai : Duta Damai Kalimantan Timur hadiri persiapan Sekolah Damai bersama BNPT RI

Jakarta, 21 Februari 2024 - Langkah konkret dalam memerangi intoleransi di kalangan siswa telah diambil oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia. Melalui program 'Sekolah Damai', BNPT berupaya mengatasi potensi intoleransi yang semakin meresahkan, terutama di lingkungan sekolah.

Menurut hasil riset BNPT RI 2023, potensi intoleransi di kalangan siswa telah mengalami peningkatan sebesar 5% sejak tahun 2016, dimulai dari tingkat pasif. Faktor-faktor seperti pemahaman wawasan kebangsaan yang kurang, intensitas penggunaan media sosial yang tinggi, serta disparitas sosial ekonomi, telah menjadi pemicu utama dari permasalahan ini.

Sebagai respons terhadap temuan riset ini, BNPT RI merancang program 'Sekolah Damai' yang mencakup beberapa aspek penting. Mulai dari meningkatkan pemahaman akan wawasan kebangsaan, mengelola intensitas penggunaan media sosial, hingga melibatkan aktivitas keseharian siswa dalam dialog yang mendukung pemahaman tentang keberagaman.

Tidak hanya itu, program ini juga mengambil pendekatan yang mendukung kebebasan beragama tanpa meningkatkan sikap intoleransi serta mengatasi disparitas sosial ekonomi sebagai langkah preventif. Tujuan utama dari program ini adalah menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif, di mana nilai-nilai toleransi, anti-kekerasan, dan anti-perundungan menjadi bagian integral dari aktivitas siswa.

Dalam rangka mengimplementasikan program ini di Kalimantan Timur, BNPT mengirimkan perwakilan Duta Damai Kalimantan Timur ke Jakarta dalam rangka Rapat Koordinasi dan Rapat Kerja Nasional bersama jajaran BNPT RI dan Duta Damai seluruh Provinsi se-Indonesia. Duta Damai Kalimantan Timur kali ini di wakili oleh Rika Nurul (Wakil Koordinator Duta Damai Kaltim), Olli Chandra (Tim DKV Duta Damai Kaltim), dan 3 orang Tim Blogger, Latifah Dinar, Priskilaus Trilentas dan Robertus Nurdin.

Langkah ini merupakan komitmen BNPT dalam memperkuat upaya pencegahan intoleransi di tingkat lokal. Perwakilan Duta Damai dari Kalimantan Timur bersama Penggerak Sekolah Damai Kalimnatan Timur akan menjadi agen perdamaian yang siap memimpin perubahan positif dalam menciptakan "SEKOLAH DAMAI" di Kalimantan Timur.

Bersamaan dengan ini, Duta Damai Kalimantan Timur mengajak pelajar dan mahasiswa di seluruh Kalimantan Timur untuk menjadi bagian dari upaya Mewujudkan Sekolah Damai. Inilah kesempatan untuk pelajar dan mahasiswa untuk berperan aktif dalam mewujudkan perubahan. Duta Damai Kalimantan Timur mengundang Pelajar dan Mahasiswa di Kalimantan Timur untuk bergabung sebagai Penggerak 'Sekolah Damai' Kalimantan Timur. Dapatkan pengalaman berharga bersama program Sekolah Damai besutan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia. Yuk segera daftarkan dirimu menjadi bagian dari Penggerak Sekolah Damai Kalimantan Timur melalui tautan berikut https://bit.ly/SekolahDamaiKaltim. Bersama-sama, mari kita wujudakan lingkungan sekolah yang damai dan inklusif bagi generasi mendatang.

Tanggal : 22 Februari 2024

Unmul BNPT DDK Duta Damai Kalimantan