Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Sejarah Baru, UNMUL Kukuhkan Sebanyak 36 Guru Besar

Rektor: Capaian yang Sangat Membanggakan Bagi UNMUL

Sebuah capaian prestisius dan sejarah tersendiri menjadi catatan menjelang Dies Natalis ke 61 tahun Universitas Mulawarman (UNMUL) pada 27 September 2023 mendatang. Catatan historis tersebut terwujud pada Kamis, (21/09) berlangsung di GOR 27 September, Kampus Gunung Kelua, UNMUL setelah digelarnya Sidang Terbuka Senat dalam rangka Orasi Ilmiah dan Pengukuhan Guru Besar di lingkungan UNMUL.

36 Guru Besar atau Professor dari berbagai bidang ilmu yang juga menyampaikan orasi ilmiah secara bergantian dengan tema “Revitalisasi Peran Guru Besar untuk Membangun Peradaban Keilmuan dalam Penguatan Ibu Kota Nusantara” tersebut terdiri dari 2 Guru Besar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 8 Guru Besar dari Fakultas Pertanian, 3 Guru Besar dari Fakultas Kehutanan, 10 Guru Besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4 Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4 Guru Besar Fakultas Teknik.

Selanjutnya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik masing – masing memiliki 1 Guru Besar.    

“Para Guru Besar yang dikukuhkan pada hari ini merupakan hasil mendapatkan surat keputusan mulai tahun 2019 hingga 2023. Pada tahun 2021 dan 2022 UNMUL tidak dapat menyelenggarakan pengukuhan Guru Besar karena Pandemi Covid 19. Dengan demikian saat ini jumlah total seluruh Guru Besar saat ini di UNMUL berjumlah 84 orang,” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo., M.Si saat memberikan laporan.

Disampaikan pula oleh Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU, kegiatan ini merupakan peristiwa sakral yang dihelat bagi para sivitas akademika. Senada pula lanjutnya, dengan rangkaian Dies Natalis UNMUL tahun 2023 bertema UNMUL Hebat Melaju Terus untuk Mendukung Kaltim Berdaulat, Mendukung IKN Kuat untuk Menghasilkan Generasi Emas Bangsa Indonesia 2045.

“Pengukuhan 36 Guru Besar pada hari ini yang telah dikukuhkan adalah capaian yang sangat membanggakan bagi UNMUL. Jumlah Guru Besar jauh meningkat dari sebelumnya tahun 2020 yang berada pada angka 48 menjadi total 84 orang Guru Besar sampai sekarang ini. Capaian ini adalah 7 persen dari rasio Dosen yang ada dengan target tahun 2024 Guru Besar di UNMUL harus mencapai 20 persen,” pungkasnya yang juga menjadi salah satu Guru Besar yang dikukuhkan.

Mendapatkan jabatan fungsional tertinggi bagi seorang Dosen itu, diakui Rektor tidak terlepas dari bantuan semua pihak pendukung. Kemudahan dan kesulitan yang dihadapi sampai dengan mendapatkan hasil ini, Rektor mengajak para Guru Besar untuk bersyukur juga mampu memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat umum.

“Mampu pula memberikan pengembangan keilmuan dari masing – masing bidang keilmuan Guru Besar kita. Sekaligus dapat memberikan motivasi dan menginspirasi bagi dosen – dosen muda untuk meraih hal yang sama. Membangun kebersamaan perlu dilakukan,” pintanya.       

Pengukuhan Guru Besar dilakukan oleh Ketua Senat Universitas Mulawarman, Dr. Irwan Gani M.Si dilanjutkan dengan Pengalungan Selempang dan Penyerahan Piagam Pengukuhan Guru Besar. Acara yang disiarkan secara Live Streaming di UNMUL TV ini dihadiri Sekretaris Senat, para Anggota Senat, Guru Besar, dan para tamu undangan. (hms/frn)

Berikut Daftar nama Guru Besar yang dikukuhkan:

  1. Prof. Dr. Ir. H.Abdunnur, M.Si., IPU.
  2. Prof. Dr. Ir. Paulus Matius, M.Sc.
  3. Prof. Dr. Drs. Laode Rijai, M.Si.
  4. Prof. Dr.sc.agr. Nurhasanah, S.P., M.Si.
  5. Prof. Dr. Drs. Saraka, M.Pd.
  6. Prof. Dr. R.R. Harlinda Kuspradini, S.Hut., M.P.
  7. Prof. Dr. Drs. Moh. Bahzar, M.Si.
  8. Prof. Dr. Karmini, S.P., M.P.
  9. Prof. Dr. Ir. Tamrin, S.T., M.T.
  10. Prof. Dr. Karyati, S.Hut., M.P.
  11. Prof. Dr. Drs. Bohari, M.Si.
  12. Prof. Dr. Drs. Didimus Tanah Boleng, M.Kes.
  13. Prof. Widi Sunaryo, S.P., M.Si., Ph.D.
  14. Prof. Dr. Iwan Muhamad Ramdan, S.Kp., M.Kes.
  15. Prof. Dr. Rudy Agung Nugroho, S.Si., M.Si.
  16. Prof. Dr. Azainil, M.Si.
  17. Prof. Dr. Drs. Warman, M.Si.
  18. Prof. Ir. Suyadi, M.S., Ph.D.
  19. Prof. Dr. Erwin, S.Si., M.Si.
  20. Prof. Dr. Muhammad Muhdar, S.H., M.Hum.
  21. Prof. Dr. Dra. Laili Komariyah, M.Si.
  22. Prof. Dr. Dra. Widyatmike Gede Mulawarman, M.Hum.
  23. Prof. Haviluddin, S.Kom., M.Kom., Ph.D., IPM.
  24. Prof. Dr. Rahmawati, S.E., M.M.
  25. Prof. Dyah Sunggingwati, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
  26. Prof. Dr. Drs. Yusak Hudiyono, M.Pd.
  27. Prof. Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt., M.Si.
  28. Prof. Dr. Ir. Taufan Purwokusumaning Daru, M.P.
  29. Prof. Dr. Ir. Surya Darma, M.Si.
  30. Prof. Dr. Ir. Zulkarnain, M.S.
  31. Prof. Dr. Ir. Harjuni Hasan, M.Si., Asean Eng.
  32. Prof. Dr. Jiuhardi, S.E., M.M.
  33. Prof. Dr. Subur P. Pasaribu, S.Si., M.Si.
  34. Prof. Dr. Nurlaili, M.P.
  35. Prof. Dr. Drs. Muhammad Noor, M.Si.
  36. Prof. Dr. Anindita Septiarini, S.T., M.Cs.

 

Foto: Hartanto

Link Terkait:

Rektor Serahkan SK Para Guru Besar di UNMUL

orasi.unmul.ac.id

Tanggal : 21 September 2023

Universitas Mulawarman