Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Secara Daring, Mahasiswa Ikuti Seleksi Beasiswa BAZNAS

Selasa, (09/06), melalui aplikasi video conference, bagian kemahasiswaan Universitas Mulawarman (UNMUL), menggelar Seleksi Beasiswa Cendekia Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Angkatan II secara online atau Dalam Jaringan (Daring).

Lima orang peserta mengikuti seleksi yang dimulai pukul 09.00 WITA ini, yang dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP, dan dipandu Dr. Bibit Suhatmady, S.Pd., M.Pd sebagai Host sekaligus pewawancara. Selain itu, dipertemuan yang sama juga terhubung Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Aditya Irawan, S.Pi., M.Si dan Ustaz Joko Susilo, M.Pdi.

Para penerima beasiswa ini akan mendapatkan pembinaan dari BAZNAS melalui Dosen Pembimbing. Hasil kajian bersama melalui evaluasi bahwa bimbingan harus dilakukan secara intensif. “Hasil kegiatan ini tentunya akan langsung kami sampaikan ke BAZNAS. Melalui beasiswa ini, mahasiswa akan berkesempatan mengembangkan diri dengan mendapatkan ilmu, pengalaman, dan nilai tersendiri,” ungkap Dr. Encik.

Kesempatan ini jelasnya, adalah upaya pengembangan dalam mengembangkan kemampuan diri. “Saya berharap melalui aktivitas ini dapat memberikan nilai sendiri untuk kita semua. Untuk keputusan hasil seleksi ini semuanya ditentukan dari pihak BAZNAS,” tambahnya.

Di seleksi ini, setiap peserta di wawancara selama dua puluh menit. Pada lima menit awal akan disampaikan profil peserta dan keunggulan yang dimiliki dari berbagai bidang. “Pada saat dilaksanakannya wawancara satu diantara lima peserta, peserta lainnya tidak diperkenankan hadir dalam video conference meeting,” jelas Dr. Aditya saat membacakan petunjuk pelaksaaan.

Merujuk dari baznas.go.id, lembaga Beasiswa BAZNAS, sebagai bagian dari penyaluran zakat memiliki amanah yang besar, yaitu menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi golongan kurang mampu/miskin sebagai pertanggungjawaban antar generasi sekaligus mempersiapkan generasi penerus bangsa yang memiliki kedalaman ilmu pengetahuan dan keluhuran akhlak melalui program beasiswa. (hms/frn)

Tanggal : 09 Juni 2020

Universitas Mulawarman