Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Sebanyak 5.900 Maba Ikuti PKKMB Secara Daring

Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali menyelenggarakan Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) secara online. Pelaksanaan PKKMB secara online tahun 2021 ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan.

Mengawali kegiatan seluruh peserta mendengarkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Anwar Makarim. Dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru (maba) yang telah menapak jenjang yang lebih tinggi. “Menjadi mahasiswa akan memiliki kemerdekaan yang lebih luas menentukan arah masa depan. Program Kampus Merdeka sebagai peluang bagi mahasiswa untuk lebih banyak mengeksplorasi diri dalam menuntut pendidikan. Kemerdekaan adalah nafas pemuda, nafas mahasiswa,” jelasnya.

Kami Kemendikbud-Ristek memberikan hak kepada semua mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar di luar prodinya selama 3 semester untuk mengikuti program Kampus Merdeka antara lain magang di perusahaan atau organisasi sosial, membangun desa, melakukan riset, merintis wirausaha, atau mengajar di SD dan SMP melalui program Kampus Mengajar. Semua ini kami rancang agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dan akan menjadi kendaraan untuk meraih mimpi di masa depan,” urai Mendikbud Ristek.

Sementara, Ketua Panitia PKKMB secara online yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono dalam laporannya menyampaikan sebagaimana yang telah digariskan didalam penerimaan mahasiswa baru, maka untuk tahun 2021 walaupun masih dalam kondisi suasana pandemi Covid-19, kita tetap melaksanakan kegiatan PKKMB tahun 2021 meskipun kegiatan ini dilakukan melalui online. “Tahun ini UNMUL telah menerima lebih dari enam ribu mahasiswa, meskipun demikian data yang kami peroleh yang telah mendaftarkan ulang untuk pelaksanaan semester ini adalah sekitar 5.900 mahasiswa. Keseluruhan mahasiswa tersebut mengikuti acara kita pada hari ini yaitu PKKMB dan mereka mengikuti melalui zoom dan youtube,” jelas Prof. Agung.

Pelaksanaan PKKMB, lanjut Prof. Agung, akan dilangsungkan selama 4 hari, dimana 2 hari program yang dilaksanakan oleh universitas dan 2 hari terakhir akan dilaksanakan oleh fakultas masing-masing. “Sesuai dengan jadwal yang telah kita tetapkan pelaksanaan akan dilaksanakan pada hari ini tanggal 12 Agustus dan 13 Agustus untuk tingkat universitas. Dan 14 dan 16 Agustus tingkat fakultas. Melalui PKKMB ini, diharapkan kepada mahasiswa-mahasiswa baru akan mengenal secara lebih baik mengenai proses kegiatan baik pendidikan, pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang tentu saja merupakan hal yang baru yang berbeda dengan apa yang telah mereka peroleh selama pendidikan menegah yang lalu,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si membuka kegiatan PKKMB ini, menyampaikan kepada Mulawarman Muda agar komitmen, hati dan perjuangan Sivitas Akademika untuk kemajuan UNMUL. Rektor juga menyemangati para mahasiswa baru, bahwa mereka adalah orang-orang pilihan sehingga bisa masuk ke UNMUL melalui proses seleksi yang sangat ketat. Maju tidaknya UNMUL bukan tanggung jawab Rektor, Dekan dan Dosen, tapi juga oleh seluruh Mahasiswa.

Rektor juga berpesan, agar para Mulawarman Muda ini bisa bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. “Mampu berprestasi dalam bidang akademik dan memberikan pengabdian kepada masyarakat pada umumnya. Kondisi pandemi adalah tantangan bagi para mahasiswa, agar mampu lebih memberi makna dan manfaat bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada sesama,” tegas Prof. Masjaya.

Dalam PKKMB tahun ini, para mahasiswa baru bukan hanya mendengarkan pemateri dari internal kampus. Para mahasiswa baru juga mendapat bekal maupun arahan narasumber dari BPIP, BNPT, Direktur Bela Negara, BNN dan Kemkominfo. Tujuannya agar para mahasiswa baru ini mampu mengamalkan Pancasila seutuhnya, tak terpapar radikalisme, narkotika dan bijaksana dalam memanfaatkan keterbukaan informasi di era sekarang. (hms/zul)

      

Screen Shoot: Firdan Farezal

Tanggal : 13 Agustus 2021

Universitas Mulawarman