Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Sebanyak 207 Mahasiswa Ikuti MSIB Batch 6

Universitas Mulawarman ( UNMUL) menyelenggarakan acara pembekalan dan pelepasan peserta Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6 tahun 2024 bertempat di Ruang Lecture Tearer, Gedung Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (21/2/2024).

PIC MSIB UNMUL, Ir. Hj. Masayu Widiastuti, MT., IPM melaporkan, serangkaian agenda MSIB dilaksanakan sejak bulan Oktober, dengan berbagai proses diantaranya penjaringan, verifikasi dan administrasi.

“Kegiatan MSIB ini dilaksanakan sejak tahun 2021 dan pada  bacth 6 ini, peserta yang lolos dari UNMUL sejumlah 207 mahasiswa. Konsolidasi dengan para mitra telah kami lakukan yang tujuannya adalah mitra memaparkan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peserta MISB," jelasnyya.

Selain itu, dikesempatan ini dirinya juga menyampaikan adanya peningkatan jumlah keterserapan mahasiswa dalam Program Magang dan Mahasiswa Independen. Hasil yang cukup bagus dengan adanya peningkatan dari partisipasi mahasiswa kampus terbesar dan tertua di Kalimantan Timur.

Program magang di MSIB Batch 6, terserap sebanyak 86 mahasiswa. Sedangkan di program studi independen tercatat sejumlah 121 mahasiswa. Dengan demikian jumlah total partisipasi program MSIB adalah 207 mahasiswa UNMUL. Kemudian kami sampaikan bahwa, mitra yang terlibat pada program magang tersebar pada 48 mitra dan studi independen terdiri 29 mitra,” jelasnya.


Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., menyampaikan pada program ini tentunya kita ingin tunjukkan bahwa mahasiswa UNMUL mampu menunjukkan baik secara kompetensi, kualitas, profesional dan memiliki daya saing dalam program yang telah dicanangkan oleh kementerian. 

“Oleh karena itu, mahasiswa UNMUL tidak bisa ikuti program itu tanpa adanya kemampuan  dan pengetahuan yang diberikan sebelumnya. Mahasiswa kita yang terpilih tentunya bisa menunjukkan sebuah prestasi nantinya yang didapatkan,” tuturnya.

“Terkhusus mahasiswa yang mengikuti program MSIB ini, bukan hanya tujuannya untuk mendapatkan sertifikat tentunya tetapi justru ingin lebih kepada subtansinya agar mendapatkan pengetahuannya, soft skill dan mampu membangun komunikasi antara sesama mahasiswa karena ini akan menjadi sesuatu yang sangat penting setelah lulus nanti,” harapnya.

“Terakhir, tetap semangat serius mengikuti program ini, jagalah marwah kampus, jaga nama baik almamater jadikan spirit semangat jangan sampai redup hanya karena sesuatu hal yang tidak penting yang bisa membuat malu universitas,” pesannya.


“Sementara itu, Prof. Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt.,M.Si selaku ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), juga menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa UNMUL agar menjaga marwah dan nama baik kampus tentunya etika dan sosialisasi ditempat kita studi atau magang, serap sebanyak mungkin ilmu pengetahuan yang ada di tempat magang atau studi dan bawa pulang sebagai modal untuk akreditasi baik itu prodi maupun Universitas,” pungkasnya. (hms/suf).

Foto: Hartanto

Tanggal : 21 Februari 2024

MSIB Batch 6