Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Saling Berkolaborasi Tingkatkan Benchmark Perguruan Tinggi, UNMUL dan UNILAK Tandatangani MoU

Universitas Mulawarman (UNMUL) dalam hal ini adalah Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., menerima kunjungan dari Universitas Lancang Kuning (UNILAK) yang dihadiri oleh Prof. Dr. Junaidi, S.S., M.Hum. Rektor UNMUL didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si pada Rabu (11/10). Universitas Lancang Kuning (UNILAK) merupakan Perguruan Tinggi yang berada di Pekanbaru, Provinsi Riau yang memiliki moto The Best University with Melayu Culture in the World. Sejalan juga dengan Universitas Mulawarman (UNMUL) yang mengusung World Class University di Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan salah satu penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sektor pendidikan merupakan bagian penting dari pertumbuhan yang menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, salah satunya melalui Perguruan Tinggi para mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar dari lingkup akademik dan juga berkesempatan untuk mengembangkan potensi melalui minat bakatnya, penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat. Sehingga, begitu para mahasiswa lulus dari Peguruan Tinggi dapat menjadi alumni yang mampu memberikan banyak kontribusi kepada masyarakat luas.

Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., mengatakan bahwa pertemuan ini sebagai bentuk menjalin kerjasama baik antar unit kerja dan juga fakultas untuk berkolaborasi meningkatkan benchmark Perguruan Tinggi. “Persiapan diri antara lain untuk peningkatan akreditasi dan mutu Perguruan Tinggi serta membangun elaborasi, kerja sama yang juga turut mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” jelas Prof. Abdunnur.

Sementara, Prof. Junaidi menyampaikan rasa terima kasihnya karena diterima dengan baik di UNMUL. Ia pun menjelaskan kedepannya program MBKM Pertukaran Mahasiswa akan mengirim mahasiswa UNILAK ke UNMUL, karena ini adalah kesempatan yang baik.

Selain itu, salah satu bagian dalam pengembangan Perguruan Tinggi untuk terus maju yaitu dengan adanya Penandatanganan MoU sebagai bentuk jalinan kerjasama antar Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta. MoU ini juga adalah bentuk dasar untuk perkembangan berbagai aspek bagi kedua Perguruan Tinggi untuk melakukan berbagai kegiatan yang membawa manfaat seperti pertukaran mahasiswa, penelitian serta pengabdian. (hms/tik/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 11 Oktober 2023

Universitas Mulawarman