Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Rektor: UNMUL Makin Tunjukkan Eksistensi Kepeduliannya

UNMUL dan PC NU Kota Samarinda Lakukan Vaksinasi Massal Sebanyak 5000 Dosis Vaksin

Universitas Mulawarman (UNMUL) bekerja sama dengan Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Samarinda melaksanakan vaksinasi massal sebanyak 5000 dosis vaksin AztraZeneca. Kegiatan ini dilaksanakan di GOR 27 September UNMUL, Sabtu (30/10/2021).

Dalam sambutannya Rois Syuriah PC NU Kota Samarinda, Dr. K.H. Moh. Mahrus, S.Ag., M.HI menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan acara vaksinasi 5000 dosis ini terutama kepada UNMUL yang memfasilitasi. “Mudah-mudahan kampus ini menjadi kampus yang barokah yang senantiasa mampu mewujudkan kemaslahatan dan kemanfaatan untuk umat. Demikian pula kepada Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Kesehatan, mudah-mudahan Allah SWT memberikan keberkahan dalam kedinasannya. Dan seluruhnya mudah-mudahan seluruh tenaga kesehatan diberikan kesehatan,” urainya.

Sementara, Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si menuturkan pagi hari ini kita melaksanakan suatu kegiatan yang mulia, yang dirahmati dan dilindungi oleh Allah SWT, satu gagasan mulai yang diprakarsai oleh pengurus NU Cabang Kota Samarinda bekerja sama dengan UNMUL melaksanakan vaksinasi massal berjumlah 5000 dosis. Perlu kami sampaikan bahwa selama ini aktifitas vaksinasi di UNMUL, inilah yang termasuk terbanyak jumlah dosisnya. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, bahwa pengurus NU Kota Samarinda yang hari ini banyak sekali aktifitasnya salah satunya yang kita saksikan pada hari ini yaitu vaksinasi massal. Kami sadar betul peran kita, termasuk UNMUL dalam rangka mensukseskan vaksinasi. Karena salah satu upaya untuk mencegah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Walaupun saat ini cukup melandai bahkan Alhamdulillah Kota Samarinda dengan vaksinasi yang cukup masif banyak dilakukan dimana-mana Alhamdulillah sudah masuk di level 2, mudah-mudahan Insya Allah akan menjadi di level 1,” ungkap Prof. Masjaya.

Selaku pimpinan Universitas Mulawarman, lanjut Prof. Masjaya, berterima kasih karena atas kerja sama dan peran lembaga ini juga makin menunjukkan eksistensinya yaitu kepedulian di dalam berbagai aktivitas kemasyarakatan salah satunya berbagai aktifitas yang kita lakukan. Kemarin kami juga sudah membentuk yang disebut dengan Telemedicine yang berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi. “Hari ini kita bekerja sama dengan PC NU Kota Samarinda, Alhamdulillah berjalan lancar dan di ridhoi oleh Allah SWT. Kami mengharap juga bahwa kerja sama di bidang sosial tidak berhenti sampai disini. Kami lembaga pendidikan tentu akan konsen terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Silahkan pengurus NU mendata kemudian mengakomodir,” tegas Prof. Masjaya.

Sementara itu, Ketua Umum PB NU dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Ketua Umum PB NU Dr. K.H. Marsudi Syuhud, M.A mengatakan UNMUL bersama NU harus meneliti dan menyampaikan ke publik atau masyarakat, mendakwahkan bahwa waspada terhadap Corona. “Melakukan vaksinasi itu adalah fardhu kifayah, jihad dengan kreatifitas dan karya cipta, amal sholeh. UNMUL adalah tempatnya dan NU adalah pelaksananya. UNMUL adalah usaha-usaha akademisnya, NU adalah ladang perjuangannya yang dekat dengan masyarakat. Tujuan yang paling utama adalah menjaga jiwa. Sebab kalau jiwanya sakit dan mengakibatkan meninggal dunia menjadi hal yang paling mudhorat, padahal agama menuntunnya dan telah mendoktrinnya,” jelas Dr. K.H. Marsudi Syuhud melalui zoom meeting.

“Menjaga jiwa adalah tujuan paling utama. Lalu vaksin, vaksin itu tujuan adalah menjaga jiwa maka melaksanakan vaksin menjadi jihad, menjadi fardu kifayah dalam konteks jihad. Maka kerja sama kedua lembaga ini merupakan kerja sama jihad, kerja sama yang ditunggu oleh masyarakat. Begitu pula yang dilaksanakan di PB NU tidak hanya kerja sama dengan pemerintah tapi lembaga-lembaga internasional seperti World Bank dan WHO itu sudah dilaksanakan oleh PB NU dan pelaksanaan hari ini saya bangga. Ada PC NU Kota Samarinda untuk melakukan jihad bersama UNMUL,” pungkasnya. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 30 Oktober 2021

Universitas Mulawarman