Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Rektor: Kepada Para Alumni Teruslah Berkreasi dan Berinovasi di Tengah Pandemi Covid-19

Wisuda Gelombang I Sebanyak 1.706 Orang

Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali menyelenggarakan wisuda Gelombang I Periode Maret 2021 secara luring dan daring, Sabtu (27/3). Pelaksanaan wisuda yang diselenggarakan secara luring dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat UNMUL. Sedangkan pewisudaan secara daring dilaksanakan melalui zoom meeting atau ditempat masing-masing peserta wisuda.

Dalam laporannya Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono menyampaikan Alhamdulillah pada hari ini kita bersama-sama melaksanakan Upacara Wisuda Program Diploma, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana UNMUL Gelombang I Tanggal 27 Maret 2021 melalui Luring dan Daring. “Permohonan maaf kami sampaikan karena sampai saat ini masih belum dapat melaksanakan wisuda secara tatap muka dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19. Dan semoga kita semua selalu mendapat perlindungan agar selalu diberikan keselamatan, kesehatan, khususnya terhindar dari wabah Covid-19,” harapnya.

Lebih lanjut, Prof. Agung menambahkan, bahwa saat ini UNMUL telah memiliki 98 Program Studi (Prodi) dengan total jumlah mahasiswa 34.955 mahasiswa. “Dari jumlah tersebut yang saat ini bisa mengikuti wisuda cukup banyak yaitu 1.706 orang, terdiri dari 41 persen laki-laki dan 59 persen perempuan. Ada 4 fakultas yang memiliki jumlah wisudawan dan wisudawati terbanyak, yang pertama adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan 435 orang, yang kedua adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 274 orang, yang ketiga yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) sebanyak 255 orang dan yang keempat adalah Fakultas Teknik (FT) sebanyak 155 orang. Sedangkan 9 fakultas lainnya dan Pascasarjana memiliki wisudawan dibawah 100 orang,” jelasnya.

“Kami juga menyampaikan bahwa para wisudawan yang mengikuti secara luring pada pagi hari ini adalah para lulusan terbaik dari masing-masing fakultas dan pascasarjana di lingkungan UNMUL. Walaupun demikian kami juga akan membacakan daftar lulusan terbaik untuk tingkat universitas untuk setiap jenjang studi dimana kami pertimbangkan indeks prestasi dan waktu jenjang studi dan predikat yang dicapai oleh para wisudawan terbaik untuk tingkat universitas, yang pertama Program Doktor atas nama Ibrahim dari Program Doktor Ilmu Manajemen FEB dengan IPK 3,96 Masa Studi 3 Tahun 3 Bulan Predikat dengan pujian. Untuk Program Pascasarjana Magister atas nama Andi Norhaedah dari Program Magister Pendidikan Biologi FKIP dengan IPK 4,00 Masa Studi 2 Tahun 5 Bulan Predikat dengan pujian. Untuk Program Sarjana atas nama Rosna Vidia Islamika dari Prodi Manajemen FEB dengan IPK 3,95 Masa Studi 3 Tahun 3 Bulan pedikat dengan pujian. Untuk Program Profesi atas nama Fauzia dari Program Profesi Apoteker Fakultas Farmasi dengan IPK 3,95 Masa Studi 1 Tahun 6 Bulan predikat dengan pujian. Daftar lulusan terbaik dan masa studi tercepat tercantum secara lengkap dalam buku wisuda atau CD yang diserahkan pada seluruh wisudawan dan wisudawati dan juga kepada ibu dan bapak sekalian. Adapun janji lulusan akan disampaikan oleh saudari Rosna Vidia Islamika dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan sambutan wisudawan dan wisudawati akan diwakili oleh Saudari Debbi Yolanda dari Fakultas Hukum (FH),” tambahnya.

“Pimpinan Universitas dan segenap Civitas Akademika Universitas Mulawarman sekali lagi mengucapkan Selamat atas kelulusan dan prestasi akademik yang telah Saudara capai semoga ilmu yang Saudara miliki bisa dijadikan amal ibadah dan dapat dimanfaatkan ditengah-tengah masyarakat. Saudara-saudara, sebagaimana biasa pada wisuda sebelumnya kami juga menggunakan CD sebagai pengganti buku lulusan yang kami bagikan, untuk itu sebaiknya CD tersebut dapat dipelihara karena merupakan bukti otentik bahwa saudara adalah benar-benar lulusan UNMUL, yang sering diminta pembuktiannya oleh beberapa instansi tempat saudara melamar pekerjaan,” ungkap Guru Besar Fakultas Kehutanan UNMUL itu.

Sementara, Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si menuturkan suasana pandemi ini akhirnya mendorong kita semua untuk tidak tinggal diam tetapi dituntut untuk mandiri, berinovasi serta berkreasi. “Karena kalau tidak bisa menjadi hambatan untuk meraih harapan dan impian yaitu sarjana baik S1, S2 serta S3 dan profesi-profesi lain yang ada dilingkungan UNMUL. Dalam suasana seperti ini kita tentu menghendaki dan mengharap serta memohon kepada ALLAH SWT untuk segera akan berakhir sehingga aktivitas rutin yang selama ini kita lakukan, kita hadir bersama seluruh keluarga dengan suasana haru dan bahagia dalam wisuda dan seperti ini. Insha ALLAH atas doa kita semua dan izin ALLAH SWT pandemi Covid-19 akan segera berakhir dan kita akan melakukan wisuda-wisuda seperti biasa dengan dihadiri oleh keluarga besar para wisudawan,” tegas Prof. Masjaya.

Saudara diwisuda ditengah pandemi Covid-19, lanjut Prof. Masjaya, yang penuh dengan tantangan yang perlu dengan inovasi dan kreasi serta kemandirian. “Maka saya punya keyakinan setelah anak-anakku kita lepas hari ini, Insha ALLAH akan bisa bersaing dan mampu memberikan makna serta manfaat kepada masyarakat disekitar kita. Terutama membangun Kalimantan Timur dan Indonesia pada umumnya. Keyakinan saya ini terlihat dan semakin kuat karena dibuktikan bahwa ditengah pandemi Covid-19 hari ini termasuk kita mewisuda paling banyak yang diwisuda. Dilihat dari sini anak-anakku banyak melakukan berbagai aktivitas untuk meraih kesarjanaan dan tak kalah pentingnya setelah menjadi sarjana Anda dilepas hari ini adalah mencari lapangan pekerjaan. Jangan karena Covid-19 kita berhenti berkreasi, jangan karena Covid-19 kita tidak bisa menunjukkan aktivitas kita sebagai alumni terbaik UNMUL,” pungkas Prof. Masjaya. (hms/zul)

 

Foto: Hartanto

Tanggal : 27 Maret 2021

Universitas Mulawarman