Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Rektor: Jadilah Generasi yang Mampu Memberi Kontribusi

UNMUL Luluskan 1.230 Wisudawan

Sebanyak 1.230 mahasiswa dari 14 Fakultas dan satu program Pasca Sarjana Universitas Mulawarman (UNMUL) mengikuti prosesi Wisuda Gelombang IV Program Diploma, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana Tahun 2019. Aktivitas rutin yang dilaksanakan empat kali dalam setahun itu berlangsung di GOR 27 September Kampus UNMUL, Kota Samarinda, Jalan  Kuaro, Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu. Sabtu (7/12).

“Jadilah generasi yang mampu memberi kontribusi. Kepada semua wisudawan kami harapkan agar memaknai dan berjanji untuk menjadi insan yang bertakwa serta dapat mengabdikan ilmunya kepada bangsa dan negara. Sesuai dengan isi dari janji wisudawan tersebut bahwa para alumni sekalian harus mampu mengamalkan ilmu dan menjaga nama baik UNMUL. Nama baik UNMUL bukan hanya dipertahankan oleh pimpinan universitas saja, tetapi tidak kalah pentingnya harus dipertahankan dan dibuktikan oleh para alumni yang di wisuda hari ini,” pinta Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si dalam sambutannya.

Guru Besar dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik itu juga berpesan, janji wisudawan yang sudah diiucapkan harus di realisasikan dengan baik. Terlebih saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0, dimana terobosan diciptakan untuk memudahkan setiap kehidupan manusia. Salah satu yang dilakukan UNMUL saat ini adalah, dokumentasi berupa CD yang didalamnya terdapat nama-nama lulusan wisudawan kampus terbesar dab tertua di Kaltim ini.

“Terima kasih pula kepada seluruh orang tua wisudawan yang sudah memilih dan mempercayakan UNMUL sebagai tempat menempuh studi. Menuntut ilmu dengan giat, mutlak ditanamkan dalam diri wisudawan, meskipun saat ini sudah menyandang gelar,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sadjono menekankan, mulai tahun 2020 pendaftaran wisuda di Kampus berakreditasi A ini mewajibkan persyaratan keanggotaan pada Ikatan Keluarga Alumni (IKA UNMUL). Hal ini sebutnya, perlu dilakukan untuk mengkonkretkan kecintaan serta komunikasi para alumni sekaligus data alumni untuk mempertahankan UNMUL sebagai Perguruan Tinggi unggul.

Dalam laporannya diketahui, lulusan terbaik tingkat universitas berdasarkan Indeks Prestasi (IP), waktu penyelesaian studi dan predikat yang di capai tahun ini untuk Program Pascasarjana diraih Siswati Adaswari dari  Program Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 4,00 masa studi 3 tahun tiga bulan, predikat dengan pujian.

Sedangkan untuk Program Sarjana adalah Rada Ariyanti dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan IPK 3,98 masa studi 4 tahun tiga bulan. Predikat dengan pujian. Selain itu, diwisuda kali ini untuk pertama kalinya UNMUL meluluskan para Insinyur Keteknikan Professional melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau sebanyak 160 alumnus. (hms/frn)

Tanggal : 07 Desember 2019

Universitas Mulawarman