Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Rektor: Dokter Adalah Aktivitas Mulia

FK UNMUL Gelar Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan ke-48 Tahun 2021

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan pengambilan sumpah dokter angkatan ke-48 tahun 2021 di Teaching Center FK UNMUL, Selasa (19 Januari 2021). Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum reda, maka pengambilan sumpah dilaksanakan secara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring). Jumlah dokter yang diambil sumpah yaitu 31 dokter, dengan rincian luring 18 dokter sedangkan daring 13 dokter.

“Dengan bertambahnya 31 dokter lulusan baru ini maka dokter UNMUL memiliki sebanyak 701 alumni sejak tahun 2001. Setelah sekian tahun belajar di FK UNMUL hingga tiba waktunya untuk kembali ke masyarakat, menerapkan dan mengabdikan ilmu tersebut kepada masyarakat dengan berbekal ilmu pengetahuan. Keterampilan yang telah didapatkan selama ini sehingga layak bergelar dan berprofesi dokter. Tetaplah menjadi pribadi yang rendah hati dan selalu menjaga nama baik almamater,” kata Ketua Program Studi (Prodi) Profesi Dokter FK UNMUL dr. Soehartono, Sp. THT-KL dalam laporannya.

Ia juga berharap kepada para lulusan ini untuk tidak hanya menjadi dokter saja tetapi perlu untuk melanjutkan pendidikan. “Pada kesempatan ini kami juga berharap kepada para alumni yang sudah lulusan untuk memberikan sumbangsih kepada FK UNMUL baik berupa pemikiran untuk kemajuan FK UNMUL yang tercinta,” harapnya.

Sementara, Dekan FK UNMUL dr. Hj. Ika Fikriah, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan alhamdulillah hari ini ada 31 dokter yang diambil sumpah atau dilantik baik secara luring maupun daring. “Kami dari FK UNMUL mengucapkan selamat para dokter yang diambil sumpah, para keluarga dan juga selamat kepada Pak Rektor atas putrinya yang juga turut diambil sumpah dokternya pada hari ini. Kemudian selamat juga para orang tua yang lain yang tidak bisa hadir disini karena alasan protokol kesehatan. Kami mohon maaf sebesar-besarnya bukan tidak bisa mengundang tapi memang tidak tepat keadaannya kami mengundang orang tua dan keluarga,” ujarnya dr. Ika.

“Terima kasih kepada bapak dan ibu baik yang hadir secara luring maupun daring. Pada hari ini yang diambil sumpahnya ini merupakan aset dari Fakultas Kedokteran khususnya bagi UNMUL yang telah meluluskan sebanyak 31 dokter. Jadi saat ini jika dijumlahkan sudah 701 alumni FK UNMUL sejak tahun 2001. Kami berharap kepada para alumni agar tetap memberikan kontribusi kepada institusi khususnya FK untuk perkembangan kedepannya,” pintanya.

Tak lupa juga ucapan penghargaan dan selamat dari Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si kepada para dokter yang diambil sumpahnya. “Hari ini kita melakukan suatu aktivitas mulia suatu bentuk fase akhir dari proses belajar seorang mahasiswa di Fakultas Kedokteran dan rasanya yang paling berkesan yang saya ingat dari sekian aktivitas dari FK adalah pengambilan sumpah. Karena disini diyakinkan dan diberi kekuatan kepada dokter bahwa Anda dilepas dengan suatu momen yang luar biasa. Dengan keyakinan yang luar biasa serta ikatan dan janji yang perlu diingat serta dilaksanakan,” tutur Prof. Masjaya.

Rektor juga mengucapakan terima kasih kepada Dekan FK UNMUL bersama Tim yang tentunya juga dukungan dari Direktur RSUD AWS dan seluruh jajaran bahwa alumni dan aktivitas yang dilakukan FK UNMUL ini selalu membanggakan, saya selaku Rektor sangat berterima kasih sehingga alhamdulillah kita Prodi Profesi Dokter itu akreditasinya sudah A. “Saya sendiri juga berbahagia karena anak saya juga ikut disumpah. Terima kasih kepada Dekan FK UNMUL dan seluruh dosen secara khusus Profesi Dokter. Ucapan selamat juga kepada para orang tua yang terkabul doanya hari ini lahir lagi 31 dokter tahun 2021 ditengah kebutuhan dokter yang sangat karena kondisi Covid-19 dan beberapa bencana alam yang terjadi,” pungkasnya.

Pengambilan sumpah dokter dipimpin Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UNMUL dr. Hj. Ika Fikriah, M.Kes dan diikuti para dokter. Dalam kegiatan sumpah dokter ini turut dihadiri oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Syahranie (AWS) dr. David Hariadi Masjhoer, Sp.OT, FICS., MARS dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dr. Hj. Padillah Mante Runa, M.Si., MARS Wakil Direktur RSUD AWS, Direktur RS Jiwa Atma Husada, Ketua IDI Kaltim serta Pimpinan Puskesmas Semaja, Puskesmas Lempake dan Puskemas Palaran. (hms/zul)

Foto: Sulkarnain

Tanggal : 19 Januari 2021

Universitas Mulawarman