Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Rektor Lantik Pengurus DWP UNMUL

Pelantikan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP), Universitas Mulawarman (UNMUL), dan Ikatan Wanita (IKW) di lingkungan UNMUL masa bakti tahun 2018 – 2022 terselenggara di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat UNMUL, Senin, (27/01).  dr. Hj. Padilah Mante Runa, M.Si., MARS kembali memimpin organisasi yang anggotanya merupakan istri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) itu, sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), UNMUL.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan Rektor, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si yang bertindak sebagai Pembina DWP UNMUL. Di tempat yang sama, dilakukan pula pelantikan dan serah terima jabatan Ikatan Wanita (IKW) di lingkungan Kampus berakreditasi A ini, oleh Ketua DWP UNMUL.

Ucapan selamat dan penghargaan yang tinggi diutarakan Rektor saat memberikan sambutannya. Dalam aktivitas sehari – hari ungkapnya, kesabaran para istri mutlak diperlukan karena tuntutan berbagai kegiatan rutin pekerjaan yang ke depan akan dijalani para suami dalam menyelesaikan pekerjaan.

“Perlu dukungan para ibu – ibu untuk menjalani ini semua. Dharma Wanita memiliki peran penting dalam berbagai aktivitas. Para suami tidak akan bisa sukses sendiri tanpa doa, kesabaran dan dukungan dari para istri,” katanya. Begitu pula tegas Rektor, para ASN di UNMUL memiliki agenda padat ke depan serta melalui tantangan demi kemajuan lembaga ini sesuai dengan program kerja dan kebijakan dari Kemendikbud.

“Inilah beberapa rutinitas dan perubahan mendasar yang dalam waktu dekat akan kami lakukan. Dukungan penuh perlu kita dapatkan dari para ibu – ibu agar tujuan yang ingin digapai pengelola universitas ini dapat terwujud. Guna menggapai universitas yang unggul maka UNMUL akan melakukan lompatan – lompatan demi tujuan menggapai predikat sebagai World Class University,” harapnya.

Senada dengan Rektor, Ketua DWP UNMUL menyatakan, ditangan para ibu menentukan Indonesia emas. “Suami yang sukses karena ada istri tangguh disisinya, dibalik itu istri yang sukses karena ada suami yang sukses disisinya,” ujarnya.

Setelah pelantikan ini diharapkannya, DWP UNMUL mampu berkiprah lebih baik lagi dengan memberikan kontribusi nyata dalam berbagai bidang. Sebagai Ketua DWP, dirinya juga dalam kesempatan ini memaparkan program kerja atau aktivitas yang sudah dilakukan DWP UNMUL diantaranya berbagai kegiatan dibidang pendidikan, pelatihan dan sosial. 

Tidak hanya sekedar acara seremonial semata, setelah pelantikan DWP UNMUL menggelar seminar kesehatan dengan tema Anak Berkebutuhan Khusus oleh dr. Rinvil Renaldi Sp.KJ (K). Psikiater Anak dan Remaja Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin (UNHAS) itu, sebagai narasumber mengajak para peserta untuk memahami lebih dalam tentang anak berkebutuhan khusus.

Saat penyampaian materi diketahui, cara mengidentifikasi kebutuhan khusus pada anak adalah dengan melakukan assessment oleh tenaga profesional, memahami perkembangan yang seharusnya terjadi sesuai usia anak, juga identifikasi hal – hal wajar dan tidak wajar yang terjadi pada anak sesuai tahapan perkembangannya.

“Bagaimana menyikapi, orang tua memegang peranan penting dengan cara diantaranya yakni melakukan konsultasi kepada profesional agar anak mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Dengan merawat, membesarkan, menyekolahkan dan mencintai anak, kita adalah orang tua yang baik. Akan tetapi bila, dengan merawat, membesarkan, menyekolahkan, mencintai dan dicintai oleh anak, kita adalah orang tua yang hebat,” urainya. Serangkaian kegiatan dalam acara ini diakhiri dengan pembagian doorprize dan foto bersama. (hms/frn)   

 

Foto: Hartanto dan Reza Maulana Yusuf

Tanggal : 27 Januari 2020

Universitas Mulawarman