Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Rektor Lantik Dekan FEB dan Dekan FT

Rektor: Kedua Dekan yang Dilantik Ini Dianggap Sukses di Fakultasnya

Rektor Universitas Mulawarman (UNMUL) Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si secara resmi melantik Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNMUL Prof. Dr. Hj. Syarifah Hudayah, M.Si dan Dekan Fakultas Teknik (FT) UNMUL Ir. Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T., periode 2020-2024. Acara pelantikan ini dilaksanakan di Aula Dekanat Lantai III FEB UNMUL, Jum’at (14/2).

“Selamat kepada kedua Dekan (Prof. Syarifah dan Ir. Muhammad Dahlan Balfas, M.T) yang dilantik. Beliau berdua dipilih kembali oleh senat masing-masing fakultas. Tentu ini bagian dari gambaran kepada kita, bahwa apa yang dilakukan selama 4 tahun, berarti ditengah civitas masing-masing fakultasnya dianggap sukses sehingga harus melanjutkan karena masih banyak agenda yang diselesaikan,” kata Rektor dalam sambutannya.

Prof. Masjaya menambahkan, kami atas nama pimpinan UNMUL menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada senat yang sudah mengusulkan dua nama ini, dan alhamdulillah kami merestui karena dicatatan kami bahwa beliau sudah memenuhi target, capaian kinerja yang ditandatangani. Alhamdulillah dua-duanya mampu mewujudkan salah satu program studinya berakreditasi A di lingkungan fakultasnya masing-masing. “Inilah indikator yang sangat jelas dan tidak terbantahkan bahwa kinerja dan aktivitasnya serta tanggung jawab yang ditandatangani mampu dibuktikan sehingga tidak ada alasan untuk mengganti kedua dekan yang dilantik pada hari ini. Yang tidak kalah pentingnya izinkan saya juga menyampaikan beberapa catatan penting setelah bergesernya perguruan tinggi dari Kemenristekdikti ke Kemendikbud,” tegas Prof. Masjaya.

Kita ketahui bersama, lanjutnya, bahwa agenda besar Mendikbud yang sudah tidak asing lagi ditengah kita tapi perlu kita lakukan yang disebut dengan kampus merdeka dan merdeka belajar. “Bagi perguruan tinggi yang menjadi catatan adalah kampus merdeka. Saya sudah mendatangani kontrak kerja dengan Mas Menteri bahwa 30 persen program studi di UNMUL, Insha Allah tahun 2020 akan melaksanakan kampus merdeka,” ungkapnya.

“Catatan penting yang perlu digaris bawahi dari harapan Mas Menteri terhadap kampus merdeka didalamnya ada hak mahasiswa untuk memilih dan mengambil 40-60 sks yaitu setara dengan 2+1 semester untuk memilih bagaimana beraktivitas khususnya diluar dan didalam lingkungan UNMUL. Yang saya maksud diluar ada 2 semester, katakan 40 sks yaitu barangkali bisa melakukan berbagai aktivitas, kita bermitra dengan perusahaan, mitra dengan pemerintah daerah, bermitra dengan membina pedesaan, bermitra dengan membina masyarakat dan berbagai kelompok lain termasuk kalau memungkinkan kita melakukan kerjasama dengan dunia internasional yaitu setara 2 semester atau 40 sks. 1 semester prodi di internal UNMUL dimungkinkan untuk mengambil pilihan mata kuliah diinternal prodi yang berbeda di fakultas yang berbeda, misalnya prodi ekonomi bisa mengambil di fakultas teknik 1 semester ini harus kita coba rangkum dan kita bahas bersama,” pungkas Prof. Masjaya. (hms/zul)

 

Foto    : Firdan Farezal dan Hartanto

Video  : Robby Adhitya dan Reza Maulana Yusuf

Tanggal : 14 Februari 2020

Universitas Mulawarman