Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Rektor dan Bupati Berau Sepakat Lanjutkan Kerja Sama

Penandatanganan perpanjangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bidang Tridarma Perguruan Tinggi antara Rektor Universitas Mulawarman (UNMUL), Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU  dengan Pemerintah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur yang dipimpin Hj. Sri Juniarsih Mas, M.Pd sebagai Bupati terwujud Jum’at, (21/07), bertempat di Samboja Room, Blue Sky Hotel, Kota Balikpapan.

Bukan hanya sekedar lanjutan MoU, namun dikesempatan ini para pihak pun sepakat menuangkan kesepakatan khusus dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNMUL. Kedua belah pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam PKS tentang Penyusunan Dokumen Rencana Aksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim Kabupaten Berau.

Tujuan kesepakatan diantaranya adalah mengelola data dasar potensi sumber – sumber emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di Kabupaten Berau dari sektor energi, industri, pertanian, lahan dan kehutanan juga sektor limbah. Selain itu mendorong pula kerja sama dan kemitraan antara para pihak serta pihak lainnya seperti swasta dan masyarakat dalam rangka mendukung upaya penurunan emisi GRK.

Rektor UNMUL yang dipertemuan ini didampingi para Wakil Rektor, Ketua LP2M dan jajaran pejabat universitas terkait itu, menyatakan komitmen UNMUL dalam semua program yang mendukung pembangunan daerah khususnya peningkatan pada bidang pendidikan tinggi yang ada di Kalimantan Timur.

“Oleh karena itu inisiasi lanjutan kerja sama ini tentunya, dapat terus mengimplementasikan banyak program. Tentunya juga dengan pengembangan kualitas SDM yang ada di Kabupaten Berau. UNMUL sangat terbuka akan hal ini. Dengan 13 Fakultas dan 96 Program Studi, besar harapan kami keberadaan UNMUL dapat memberikan program akselerasi peningkatan pendidikan tinggi. Khususnya lulusan SMA yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi,” jelas Rektor.

Sehingga ke depan sambung Rektor, bisa didapatkan analisis peta kebutuhan SDM dalam hal ini adalah calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNMUL dari putra – putri terbaik Kabupaten Berau perlu direncanakan. Dengan demikian, investasi SDM didapatkan dalam mendukung pembangunan daerah.  

Core bisnis UNMUL adalah pendidikan. Atas nama Rektor kami ucapkan terima kasih kepada Bupati dan kami sangat mengapresiasi. UNMUL siap mendukung dengan segala tim kerja untuk Kabupaten Berau,” tegas Rektor UNMUL.

Sedangkan Bupati Berau menuturkan, program kerja dari Pemerintah Daerah Kabupaten Berau untuk meningkatkan SDM diwujudkan dalam kesempatan ini. “Dengan segala potensi yang ada di Kabupaten Berau, sehingga kami merasa sangat berkepentingan untuk meningkatkan SDM yang cerdas dan berbudi luhur agar bisa membangun sumber daya alam yang kami miliki. Kerja sama ini adalah keharusan untuk kami lakukan. Dukungan UNMUL sangat kami perlukan, semoga Berau dapat diprioritaskan,” ujarnya. (hms/frn)

 

Foto: Firdan Farezal

Tanggal : 21 Juli 2023

Universitas Mulawarman