Universitas Mulawarman

Berita

Loading image

Universitas Mulawarman

Rektor Ajak Para Mahasiswa Untuk Paham dan Miliki Pengetahuan Tentang UMKM yang Ada di Indonesia

Universitas Mulawarman (UNMUL) bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian RI) dan Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI), mengadakan seminar nasional dengan mengangkat tema “Bersama Ekonomi Syariah Dalam Upaya Memajukan UMKM 2024”. Seminar Nasional dilaksanakan di GOR 27 September UNMUL pada Rabu (27/03/2024).

Seminar Nasional ini menghadirkan empat ahli di bidangnya masing-masing, yang terdiri dari dua pemateri dari Kemenko Perekonomian, satu akademisi (Dosen) dari FEB UNMUL dan satu praktisi sekaligus akademisi dalam digital marketing. Dimana mereka memaparkan mengenai Ekonomi Syariah dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kemenko dalam pemberdayaan atau usaha untuk mendorong UMKM menjadi usaha yang lebih baik di tahun 2024 sebagai salah satu pendorong ekonomi nasional. 

Peserta yang hadir dalam acara seminar nasional sebanyak 1009 Peserta yang di dominasi oleh mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNMUL dan juga ada peserta yang berasal dari Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. 

Seminar Nasional ini dihadiri langsung oleh Dr. Ferry Irawan, S.E., M.S.E., selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, dan Presidium Nasional FoSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam). Sekaligus memberikan sambutan pada pembukaan acara Seminar Nasional.

Dalam sambutan Presidium Nasional Fossei, Mohammad Ali Ramadhan menuturkan bahwa FoSSEI telah berhasil mendampingi UMKM dalam usahanya, mulai dari Pulau Sumatera sampai Sulawesi. Lebih lanjut, Presidium Nasional FoSSEI mengatakan bahwa FoSSEI saat ini sedang mencoba untuk memperluas jangkauan mereka ke wilayah Papua, dan berharap FoSSEI mendapatkan dukungan dari UNMUL dan para pejabat untuk mendukung program mereka.  

“Kehadiran UMKM mendorong perkembangan perekonomian baik yang berada di skala nasional maupun di daerah,” ungkap Dr. Ferry Irawan, S.E., M.S.E., selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian dalam sambutannya. 

Dr. Ferry Irawan, menegaskan bahwa kehadiran UMKM sangat diperlukan indonesia, sehingga perlu untuk diberikan perlakuan khusus untuk memberikan pemberdayaan kepada UMKM sehingga UMKM tidak hanya menjual produknya di dalam negeri akan tetapi dapat di pasarkan atau di ekspor keluar negeri. 

Menutup sambutannya, Dr. Ferry Irawan berharap Silaturahmi antara Kemenko dan UNMUL tidak berakhir disini, dan berharap Kemenko melaksanakan program lain yang dapat memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan aktivitas ekonomi nasional. 

Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., yang juga turut hadir dalam Seminar Nasional yang juga memberikan Opening Remarks dan sambutan, dengan hangat menyambut kedatangan Kemenko yang hadir di UNMUL. 

Dalam sambutannya, Rektor UNMUL menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih kepada Deputi Dr. Ferry Irawan, S.E., M.S.E., karena memilih UNMUL sebagai Tuan Rumah pelaksanaan seminar nasional ini.