Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Rektor Ajak Kepada Wisudawan untuk Terus Berkarya, Mampu Berkontribusi dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali mewisuda 1.599 lulusannya. Terdiri atas, 10 orang lulusan D3, 1.471 lulusan program sarjana, 35 orang program profesi, 77 orang lulusan magister atau S2 serta 6 orang lulusan dari S3 atau program doktor. Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEN Eng., menyampaikan selamat dan berbahagia kepada para orang tua/wali wisudawan dan wisudawati.

“Secara khusus saya juga menyampaikan selamat kepada yang seharusnya ikut juga serta dalam prosesi wisuda. Tapi Tuhan telah memanggil duluan kepada Almarhum dan Almarhumah, saudari Lesda Harisma, S.TP., Muhammad Ikhsan, Sos., Helsa Robim Murdani, S.T. Semoga Almarhum dan Almarhumah Husnul Khotimah, mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT keluarga yang di tinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan," tutur Prof. Abdunnur.

“Pada hari ini saudara menyandang sebuah gelar akademik baru dari UNMUL. Sebagai bentuk pengakuan terhadap kompetensi yang telah berhasil saudara raih. Dengan menyandang gelar baru tersebut, saudara kini mengemban tanggung jawab baru yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Untuk bisa berkiprah dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan bangsa Indonesia,” ungkap Prof. Abdunnur saat memberikan sambutan dalam wisuda gelombang I di GOR 27 September UNMUL, Sabtu (2/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Rektor menegaskan bahwa UNMUL telah menanamkan karakter yang kuat melalui pola ilmiah pokok yang dicapai dan lalui bersama. “Saya yakin dengan kemampuan yang kita miliki saat ini saudara semua akan mampu mengaktualisasikan kompetensi yang disertai dengan pengamalan dengan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, etika, kepribadian dan jiwa kepemimpinan serta semangat kebhinekaan global ditengah-tengah Masyarakat. Teruslah berkarya dan tunjukkan bahwa alumni UNMUL mampu berkontribusi dan memberi manfaat bagi Masyarakat,” tegas Prof. Abdunnur dihadapan para wisudawan dan wisudawati.

Lebih lanjut Rektor juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan transformasi yang telah UNMUL yang patut kita semua banggakan khususnya sebagai alumni. “Berbagai tranformasi yang telah dilakukan antara lain, bahwa implementasi good university government telah efektif dilaksanakan di Kampus UNMUL. Untuk mewujudkan visi UNMUL sebagai perguruan tinggi berstandar internasional sudah 2 program studi yang berakreditasi internasional, yaitu program studi Pendidikan Biologi dan program studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP),” urai Prof. Abdunnur.

Sebagai perguruan tinggi riset, kata Prof. Abdunnur, UNMUL meningkatkan riset-riset di bidang sains, teknologi, seni serta ilmu-ilmu sosial kemanusiaan. “Produktivitas dosen dalam publikasi tidak diragukan hingga pada akhir tahun 2023 telah menghasilkan 1.771 publikasi. Dan pada tahun 2023 UNMUL pada posisi 5 besar penelitian terbanyak untuk klaster utama yang dari keseluruhan 194 perguruan tinggi di Indonesia,” pungkas Prof. Abdunnur. (hms/zul)



Foto: Hartanto

Tanggal : 02 Maret 2024

UNMUL Kemendikbudristek