Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Rapat Koordinasi Program Kreativitas Mahasiswa UNMUL 2022

Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Rapat Koordinasi Program Kreativitas Mahasiswa UNMUL Tahun 2022 yang bertempat di Lecturer Theater, Gedung Integrated Laboratory (I-LAB) Jalan Long Apari, Kampus Gunung Kelua UNMUL yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si, Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Aditya Irawan, S.Pi, M.Si. dan Dr. Bibit Suhatmady, S.Pd., M.Pd, Koordinator Kemahasiswaan, Drs. Haerudin serta para Koordinator PKM dari masing-masing Fakultas di UNMUL, Kamis (17/3/2022).

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan sebuah kegiatan bagi para mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya di Perguruan Tinggi sebagai bentuk pengembangan diri yang kedepannya akan mampu menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional. Pada pengelolaannya, Program Kreativitas Mahasiswa sendiri memiliki lima bidang yang diantaranya PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-T (Teknologi) dan PKM-KC (Karsa Cipta).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik menyampaikan bahwa ia sangat bersyukur bahwasannya saat ini dapat bertemu dengan para peserta dalam rapat koordinasi secara langsung. “Mengingat pada tahun 2020 dan 2021 itu hanya dapat berkomunikasi melalui daring. Saya harap, PKM ini dapat menjadi tempat untuk melaksanakan MBKM. Sehingga, untuk pelaksanaan PKM tahun ini kita semua perlu melakukan koordinasi agar anak-anak kita (mahasiswa) dapat dengan mudah melakukan upload dan mendapatkan pembiayaan serta kesempatan untuk pergi ke Tim Nasional yang nantinya bisa di konversikan SKS nya dengan SKS MBKM yang lain,” jelas Dr. Encik.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan yang juga narasumber dalam rapat koordinasi ini dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. “Program Kreativitas Mahasiswa ini sebuah kegiatan yang sangat berarti banyak bagi Universitas Mulawarman maupun mahasiswa sebagai ruang untuk para mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuannya serta meraih mimpinya melalui PKM. Sehingga, kolaborasi antara Rektorat, Fakultas dan mahasiswa nantinya akan menghasilkan sebuah program yang akan diimplementasikan langsung ke masyarakat sekitar. Nantinya, bila program tersebut dirasa sangat menguntungkan pun akan memberi manfaat langsung kepada mahasiswa maupun lembaga dalam hal ini Universitas Mulawarman. (hms/tik)

 

Tanggal : 17 Maret 2022

Universitas Mulawarman