Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Puluhan Tim Siap Rebut Gelar Juara pada Ajang Jambore Statistika IX

Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar ajang bergengsi yang diadakan setiap tahun sekali, yakni, Jambore Statistika IX. Pada Tahun ini Jambore Statistika IX kembali hadir dengan tema "Get to Explore Knowledge with Statistics and Find Your Passion in Data Scientist". Jambore Statistika IX merupakan acara tahunan Mahasiswa Program Studi Statistika, Jurusan Matematika Universitas Mulawarman yang diadakan sejak tahun 2011. Acara ini berupa kegiatan lomba dan workshop yang berbasis pendidikan dan dikemas secara unik dan kreatif untuk mewadahi segala ide, kreasi dan inovasi mahasiswa dalam bidang Statistika.

Acara ini dimulai sejak 18 November 2019 untuk pendaftaran kompetisi hingga 14 Maret 2020 untuk final lomba dan pengumuman hasil yang diperoleh oleh peserta Jambore Statistika. Adapun rangkaian kompetisi yang dilombakan pada tahun ini yaitu Olimpiade Statistika, Infografis (Online), Karya Tulis Ilmiah (KTI), dan Pekan Analisis Statistika (PAS). Peserta lomba diikuti oleh Perguruan Tinggi se-Indonesia dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kalimantan.

Menurut hasil laporan Ketua Panitia Dwi Indra Yunistya Mahasiswa Statistika 2017 mengatakan bahwa untuk kategori Perguruan Tinggi Peserta yang mendaftar ada 23 Universitas dan kategori SMA yang mendaftar ada 23 peserta. Adapun finalis untuk lomba PAS 17 tim, KTI tingat Mahasiswa 9 tim, KTI tingkat SMA 10 Tim dan Olimpiade Statistika 15 Orang.

Bertempat di Ruang Avogadro FMIPA UNMUL, Jambore Statistika dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si. selain dekan turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Dr. Sri Wahyuningsih, S.Si., M.Si serta para Dosen Program Studi (Prodi) Statistika FMIPA UNMUL

“Jambore Statistika sudah yang ke-IX dan Statistika adalah Program studi yang banyak di minati selama 5 tahun terakhir ini, Prodi Statistika berada pada level yang pertama di MIPA,” ucap Dekan FMIPA. Sebagai Prodi yang paling banyak diminati, FMIPA harus terus memberikan Inovasi yang bisa berdampak baik bagi UNMUL serta Indonesia. “Harapan kami ke depannya Himpunan Mahasiswa Statistika akan kita bentuk dan dukung karena melihat eksistensi yang ada bahwa statistik ini bisa besar, sehingga diharapkan untuk jambore statistik selanjutnya bisa lebih banyak lagi inovasi yang diberikan,” lanjutnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan pelajar maupun mahasiswa yang aktif, kreatif dan inovatif sehingga mampu berkontribusi dan bersaing di dalam negeri maupun hingga kancah internasional dalam menghadapi masalah-masalah yang rumit di era global terutama dalam hal real problem. (hms/rmy)

Tanggal : 13 Maret 2020

Universitas Mulawarman