Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Puluhan Dosen Ikuti Pelatihan Audit Mutu Internal

Selama tiga hari Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Mulawarman (UNMUL) mengadakan Pelatihan Audit Mutu Internal bagi Dosen di Kampus Gunung Kelua sebutan UNMUL.

Senin, (23/04) hingga Rabu, (25/04) mendatang panitia mengundang dua narasumber berkompeten. Dari Sekolah Vokasi Insitut Pertanian Bogor (IPB) hadir Dr. Wonny Ahmad Ridwan., MM, dan satu pemateri lagi adalah Dr. Ir. Diniah., M.Si.

Auditor Mutu Internal IPB ini menyajikan materi Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi kepada 46 peserta perwakilan Fakultas di lingkungan UNMUL. Pengertian mutu yang sesuai dengan standar disampaikan oleh Dr. Wonny adalah harus sesuai dengan harapan pelanggan, sesuai dengan harapan pihak – pihak terkait, sesuai dengan yang dijanjikan, semua karakteristik produk dan pelayanan memenuhi persyaratan dan harapan.

“Untuk menentukan tingkat mutu perlu ada standar, karakteristik mutu berkaitan dengan fisik, fungsi, waktu atau umur, serta purnalayan. Selain itu, standar dan ukuran mutu harus relevan dan efisien untuk mengukur mutu,” bebernya.

Pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti), mutu pendidikan tinggi jelasnya adalah tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan standar pendidikan tinggi yang terdiri atas standar nasional pendidikan tinggi dan standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh perguruan tinggi. Karena SPM Dikti adalah kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

“Tujuan dan fungsi SPM Dikti yakni menjamin pemenuhan Standar Dikti secara sistemik dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu. Dalam tujuan SPM Dikti, budaya mutu tadi meliputi pola pikir, pola sikap, pola perilaku, berdasarkan standar Dikti,” jelasnya. Sementara itu, fungsi SPM Dikti mengendalikan penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu.

Acara pelatihan ini secara resmi di buka oleh Ketua LP3M UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Agus Sulistyo Budi di Gedung Bundar Fakultas Pertanian, sedangkan dua hari ke depan acara yang diisi mulai dari pretest, pelatihan dan posttest tersebut, berlanjut pelaksanaannya di Ruang Rapat Satu Lantai Tiga Rektorat UNMUL. (hms/frn)

Tanggal : 23 April 2018

Universitas Mulawarman