Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Presiden RI: UNMUL Harus Semakin Lincah dan Adaptif serta Sigap Memanfaatkan Momentum

Catatan sejarah baru tercatat dalam peringatan Dies Natalis ke 59 Universitas Mulawarman (UNMUL) tahun 2021. Betapa tidak, dipuncak hari jadi Universitas berakreditasi A ini, Senin, 27 September, Sivitas Akademika menerima sambutan dan peresmian khusus dari Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Selain menyampaikan Kiprah UNMUL dalam membangun SDM berkualitas di Indonesia 2014–2021 oleh Rektor dalam Rapat Terbuka Senat, dikesempatan yang sama secara virtual Presiden meresmikan enam Gedung utama di Kampus Gunung Kelua yang diterima UNMUL dari Proyek The Development of Mulawarman University as Center of Excellence for Tropical Studies, Islamic Development Bank Project (IsDB).

Adapun Gedung tersebut yakni, Laboratorium Terpadu, Laboratorium Farmasi, Laboratorium Kesehatan Masyarakat, Gedung Kuliah dan Laboratorium Fakultas Teknik, UNMUL HUB-ICT Center, dan Pusat Pembelajaran Sains.

Tidak sampai disitu, Vice Director PIU IsDB Project sekaligus Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas sebelumnya menyampaikan, infrastrukur pendukung kegiatan akademik lainnya yang turut pula diresmikan adalah, Pengolahan Air Bersih, Area Pembelajaran Outdoor, Sistem Penanggulangan Banjir, Sistem Pengolahan Limbah, Jaringan Fiber Optik serta Akses Jalan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden atas kesediaannya meresmikan secara virtual sebagai tanda selesainya pembangunan Gedung dan Infrastruktur proyek IsDB. Semoga proyek ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan UNMUL,” sebut Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si.

Bertambahnya infrastruktur, tegas Presiden, merupakan bukti bahwa UNMUL memperhatikan kenyamanan belajar mahasiswa. Jokowi juga mengatakan, hal ini pertanda Kampus ini siap menghasilkan riset dan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Saya gembira, pembangunan Infrastruktur pembelajaran di UNMUL sudah bertambah. Baik berupa Gedung laboratorium, dan berbagai ruang kelas yang lengkap dengan isinya senilai 624 Miliar Rupiah yang didanai melaui IsDB Project bisa segera dimanfaatkan Sivitas Akademika,” tutur Presiden dalam sambungan Zoom Cloud Meeting.

Dirinya juga berpesan agar kampus dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Pusat Unggulan Studi Tropis ini harus terus berinisiatif dan lincah menjalin kerja sama strategis dengan berbagai pihak. Kerja sama strategis ungkap Jokowi sangat diperlukan di tengah Bonus Demografi penduduk dan menyongsongnya era disrupsi teknologi.

“Selamat Dies Natalis ke 59 kepada keluarga besar UNMUL. Di usia yang 59 ini Universitas Mulawarman harus semakin lincah dan adaptif serta sigap memanfaatkan momentum,” pesannya. UNMUL juga pintanya harus berperan memunculkan inisiatif–inisiatif inovatif juga menjalin berbagai kolaborasi strategis sehingga mampu berkontribusi lebih besar lagi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa.

Saya berharap kehadiran infrastruktur baru ini membuat mahasiswa dapat belajar dengan nyaman dan memperkuat ekosistem yang kondusif bagi riset dan inovasi untuk menghasilkan lebih banyak gagasan dan karya–karya nyata. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Gedung dan Infrastruktur di Universitas Mulawarman saya resmikan hari ini,” tutur Presiden.

Peringkat Berskala Dunia dari Berbagai Lembaga Pemeringkatan

Dalam pemaparannya, Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si menyajikan data terkini pemeringkatan Lembaga yang dipimpinnya dalam satu tahun terakhir. Diketahui, menurut Scimago Institution Rangking, UNMUL berada pada peringkat pertama untuk Riset Bidang Energi sedunia dan urutan ketiga pada Riset Ilmu Sosial.

Meksi begitu, di usia yang ke 59 tahun ini, diakui Rektor masih banyak kekurangan dan mendapatkan kritikan konstruktif dari berbagai pihak sebagai bahan evaluasi untuk terus memajukan Perguruan Tinggi Negeri terbesar di Kaltim ini.

“Suatu kebahagiaan tersendiri bagi kami, karena atas izin Allah SWT, dapat menyelenggarakan rangkaian kegiatan Dies Natalis yang ke-59 UNMUL, yang puncaknya hari ini dihadiri oleh Bapak Presiden RI, oleh karena itu perkenankan kami dengan bangga memperkenalkan Universitas Mulawarman kepada Bapak Presiden dan hadirin,” ujar Rektor.

Meskipun pemeringkatan versi kementerian tahun 2021 belum diumumkan, lanjut Rektor, akan tetapi dari berbagai institusi pemeringkatan memberikan data yang cukup menggembirakan, sebagai contoh di pemeringkatan versi Webometrics menempatkan UNMUL pada posisi 35 di Indonesia tahun 2021. Sementara versi 4ICU UniRank menempatkan UNMUL pada urutan 60 dari ribuan perguruan tinggi di Indonesia.

“Sementara pemeringkatan oleh Scopus menempatkan UNMUL pada posisi 38 sebagai perguruan tinggi paling produktif dibidang riset dengan jumlah publikasi hingga mencapai 802 pada tahun 2020 dan hingga bulan September tahun ini sudah mencapai 1494 publikasi terindeks scopus,” pungkas Rektor.

“Hal ini tidak terlepas dari upaya-upaya yang telah dilakukan dalam kurun waktu lima tahun terakhir, dengan total dana penelitian dari semua sumber dapat mencapai sekitar Rp. 40 milyar per tahun. UNMUL juga telah menerapkan program unggulan, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, sebagaimana yang telah dicanangkan Mas Menteri melalui Permendikbud,” tambah Rektor.

Gubernur Kaltim, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si, sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNMUL yang hadir di Gedung Integrated Laboratory tempat acara Luring berlangsung mengungkapkan, saat ini UNMUL telah menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif menyambut Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kaltim.

Kegiatan rapat terbuka senat dalam rangka Dies Natalis ke 59 tahun kali ini semakin lengkap dengan dihadirkannya Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ir. Panut Mulyono., M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng, yang memberikan Orasi Ilmiah secara Daring dengan tema “Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Menuju Reputasi Global”. (hms/frn)

 

Tanggal : 27 September 2021

Universitas Mulawarman