Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

PMMB Batch I, Sebanyak 39 Mahasiswa UNMUL Jalani Magang di Sejumlah BUMN

Sebanyak 39 Mahasiswa Universitas Mulawarman (UNMUL) akan mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch I tahun 2020. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNMUL Dr. Ir. Encik Ahmad Syaifudin, M.P secara simbolis melepas para peserta PMMB UNMUL, yang dilaksanakan di Ruang Rapat I Lantai Tiga Rektorat UNMUL, Rabu (29/1).

Selama enam bulan, mereka akan menjalani program magang di sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sesuai yang ditetapkan. PMMB merupakan kegiatan yang dilaksanakan atas kerja sama Kementerian BUMN, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) serta sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

“Kami sangat berbahagia karena sudah ada 3 batch yang kita laksanakan, artinya program ini berlanjut dan sudah membuahkan hasil dimana 3 dari 74 peserta dari batch I dan II 2019 kemarin itu sudah diterima bekerja di BUMN. Ini menjadi penyemangat kita juga bahwa UNMUL sungguh-sungguh dalam melaksanakan  kegiatan PMMB ini. Upaya kita dalam rangka mendekatkan lulusan maupun calon lululusan kepada tempat bekerjanya itu adalah sesuatu yang seharusnya. Jadi, kita melakukan ini adalah untuk terlaksananya pencapaian dari UNMUL bahwa mengurangi atau memperkecil masa tumbuh lulusan untuk bekerja,” tuturnya.

Dr. Encik menambahkan, ada sesuatu tekad yang kuat bagi ananda sekalian untuk berkegiatan ini. Dulu awal-awal PMMB ini disampaikan saya agak ragu apakah anak-anak kita ini menyambut dengan baik. Alhamdulillah ketika saya sampaikan sebagian besar dekan menyambut dan mengikutsertakan, memberikan daftar mahasiswanya terbukti batch I dan batch II tahun 2019 ada 74 orang.

“Berbahagialah kita semua bahwa kepercayaan yang diberikan kepada UNMUL itu bisa kita penuhi dan bisa buktikan kepada semua BUMN yang menerima kita bahwa kita memang layak untuk menjadi peserta ini. UNMUL ini bagian dari universitas yang lain dan perguruan tinggi yang lain, kemarin itu juga ikut hadir dalam acara launching merdeka belajar dalam hal ini adalah kampus merdeka. Jadi UNMUL ini adalah bagian dari kampus merdeka program yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI),” tutur Dr. Encik.    

Sementara, Koordinator PMMB UNMUL Ir. Hj. Masayu Widiastuti, M.T menyampaikan pada hari ini kita akan melaksanakan kegiatan pelepasan untuk Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Sampai pada hari ini kita masih melakukan pemrosesan bagi mahasiswa yang masih terdaftar didalam date base kami untuk pengajuan program ini, yang sudah fix dikami adalah sekitar 39 orang karena dua yang dari Pelindo mereka masih melakukan proses dengan penyesuaian ini penempatan yang ada di Pelindo dan ada beberapa lagi di beberapa perusahaan. “Sehingga 39 orang akan berangkat untuk beberapa waktu dimana yang terdekat adalah keberangkatan bagi adik-adik mahasiswa yang akan magang di PT. Pupuk Kaltim karena tanggal 31 hari Jum’at esok, mereka akan melakukan kegiatan seremonial pelepasan dan penerimaan bagi mahasiswa magang di PKT,” ungkap Masayu Widiastuti dalam laporannya.  

Lebih lanjut, ia menambahkan, untuk yang di Angkasa Pura dan Telkom juga akan mulai masuk di awal-awal Bulan Februari. Namun, ada beberapa yang memang akan memulai kegiatan ini di Bulan April ataupun di Bulan Maret. “Sehingga untuk secara menyeluruh kami melakukan kegiatan pelepasan ini untuk mendapatkan pengarahan ataupun pesan kepada adik-adik yang berangkat karena membawa nama diri, nama lembaga kemudian mengambil pengalaman, ilmu dan memberikan manfaat untuk diri dan juga untuk lembaga Universitas Mulawarman,” pintanya.

“Kita menyadari bahwa ini adalah program selama satu semester, sehingga kami juga akan melakukan koordinasi dengan fakultas di tempat asal adik-adik sekalian. Kami berharap pesan-pesan yang diberikan oleh Bapak Wakil Rektor bisa betul adik-adik sematkan dan laksanakan sehingga kegiatan ini akan berakhir dengan kondisi yang baik dan kitapun mendapatkan penilaian yang baik dari beberapa perusahaan, yang Insha Allah program kedepan bisa berlanjut di beberapa perusahaan lainnya,” kata Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik itu. (hms/zul)

 

Foto: Sulkarnain

Tanggal : 29 Januari 2020

Universitas Mulawarman