Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

PMM UNMUL dan Ditbelmawa Kemendikbudristek Lakukan Penandatanganan PKS

Rektor Universitas Mulawarman (UNMUL), Dr. Ir. H. Abdunnur M.Si. IPU., menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2023 dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (DitBelmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknogi (Kemendikbudristek). Bertempat di Gedung D lantai 2 Kantor Kemendikbudristek, Jalan Jenderal Soedirman Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023). Penandatanganan ini juga dihadiri oleh  Plt, Dirjen Dikti, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN Eng., Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T., Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T., serta Kepala Program Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Asri Aldila Putri, S.Sos., M.Si. Dari UNMUL selain Rektor, turut hadir dalam seremoni  penandatanganan PKS ini adalah Kepala Pusat (Kapus) MBKM UNMUL, Dr. Erwiantono, M.Si., serta PIC PMM UNMUL Batch 3, Adi Tri Pramono, S.Fil.. M.E.

PMM MBKM merupakan salah satu dari sembilan program MBKM yang dilaksanakan sejak tahun 2020. Program ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar 20 SKS di luar kampusnya  dengan kemerdekaan untuk memilih mata kuliah. Tahun 2023 ini adalah tahun ketiga PMM MBKM ini dilaksanakan. Mahasiswa yang mengikuti PMM akan mendapatkan 2 pembelajaran, yakni, pembelajaran akademik (16 SKS) dan Pembelajaran Modul Nusantara (4 SKS). Modul Nusantara (MN) adalah pembelajaran yang bertujuan untuk mengenalkan kekayaan budaya, sosial dan historis daerah yang dituju universitasnya.

“Keikutsertaan UNMUL ini sangat penting, untuk menunjukkan komitmen UNMUL pada Kebijakan Kampus Merdeka. Kita sangat siap menjadi tuan rumah bagi adik adik mahasiswa diluar UNMUL yang ingin belajar di UNMUL sekaligus bisa mengenal budaya kaltim. Dan juga tentunya IKN, “ Papar Rektor UNMUL. Hal senada juga disampaikan oleh Plt. Dirjen Dikti, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN Eng., bahwa PMM ini semakin menunjukkan peningkatan pemahaman kebhinekaan, keberagaman serta juga inovasi akademik dalam Pendidikan tinggi “Hasil feedback dari para peserta maupun pengelola PMM ini, semakin meningkat. Sehingga perlu terus didukung dan dilanjutkan,” terang Plt. Dirjen Dikti.

Dari data yang disampaikan oleh PIC MBKM UNMUL telah ikut serta dalam PMM MBKM sejak dari awal program ini diluncurkan pada tahun 2020. Dalam keilkutsertaan itu, UNMUL mengirimkan baik mahasiswa Outbound (dari UNMUL ke luar) maupun menerima mahasiswa inbound (dari luar UNMUL ke UNMUL). Jumlah mahasiswa yang ikut serta dalam PMM 3 UNMUL tahun ini, terdapat 97 mahasiswa UNMUL diterima pada 45 PT di luar UNMUL (outbound) serta 97 mahasiswa dari 65 PT di luar UNMUL diterima mengikuti PMM di UNMUL (inbound). Semua mahasiswa yang lolos dalam PMM 3 ini, secara teknis setiap minggunya akan mengikuti pembelajaran akademik pada Hari Senin hingga Jum’at, dan pembelajaran modul nusantara pada Hari Sabtu hingga Minggu. (*Adi Tri Pramono-Erwiantono/hms/zul)

Tanggal : 15 Juni 2023

Universitas Mulawarman