Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

PKKMB 2023, Rektor Tekankan Kepada Maba Harus Ada Perubahan Karakter Baik Kualitas Pembelajaran Maupun Kualitas Kehidupan

Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023, yang dilaksanakan di GOR 27 September UNMUL, Kamis (3/8/2023). PKKMB tahun 2023 ini diikuti sebanyak 5.539 mahasiswa baru dari 13 fakultas yang ada di UNMUL. Kegiatan PKKMB ini dibuka oleh Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU.

Dalam kesempatan itu, Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., menerangkan bahwa UNMUL sebagai universitas berstandar internasional di dalam pembangunan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi baik di Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan pola ilmiah pokok hutan hujan tropis lembap dan lingkungannya. “Oleh karenanya, tentu kita ingin menghasilkan lulusan terbaik dari UNMUL. Apalagi kita sekarang berada di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Kepada mahasiswa baru, Anda merupakan orang-orang yang terpilih dan terhebat masuk di UNMUL. Masuk ke Pendidikan Tinggi merupakan tempatnya untuk menimba ilmu dan pembentukan karakter. Sebagai mahasiswa baru harus ada perubahan, baik dari sisi karakter, kualitas pembelajaran dan kualitas kehidupan,” pinta Prof. Abdunnur.

Rektor mengharapkan kepada mahasiswa baru (Maba) agar bisa mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di UNMUL. “Tentu bagaimana meningkatkan dan menguatkan rasa kebangsaan karena UNMUL tidak hanya sebagai pusat intelektual tapi juga sebagai pusat peradaban. Tidak hanya menghasilkan mahasiswa beserta lulusannya yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang tinggi tapi juga memiliki karakter keimanan dan ketaqwaan,” tegas Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNMUL itu.

“Kepada adik-adik mahasiswa baru tentu bersyukur masuk di UNMUL, yang hadir pada hari ini sekitar 5.539 mahasiswa baru yang bersaing secara ketat dengan seluruh peminat yang ingin masuk ke UNMUL total sebanyak 35.000 orang. Adik- adik mahasiswa baru harus punya komitmen dan niat yang kuat untuk belajar di UNMUL dan cepat selesai atau cepat lulus. Oleh karenanya, adik-adik mahasiswa juga bisa ingat dan menguatkan pilar pendidikan. Ada empat pilar pendidikan adik-adik mahasiswa yang harus benar-benar dipahami, yaitu, pilar pertama learning to know artinya bagaimana adik-adik sebagai mahasiswa memperbanyak ilmu pengetahuan dari proses belajar mengajar maupun berbagai informasi pengetahuan yang diperoleh, pilar kedua learning to do sebagai mahasiswa adik-adik juga memiliki kemampuan berinteraksi dan eksen-eksen implementasi dari keilmuan yang adik mahasiswa lakukan dalam proses pembelajaran,” urai Prof. Abdunnur.

Pilar pendidikan yang ketiga adalah, lanjut Prof. Abdunnur, learning to be yaitu bagaimana mahasiswa harus memiliki kemandirian dengan niat belajar dan cepat selesai. “Pilar pendidikan yang keempat adalah learning to live together yaitu bagaimana mahasiswa UNMUL bisa memiliki nilai-nilai sosial dan memiliki kepekaan dalam hubungan bermasyarakat karena kita semua mahasiswa adalah bagian dari masyarakat. Sehingga kita harus meningkatkan nilai-nilai sosial dan mampu hidup di dalam bermasyarakat. Oleh karena itu, hal ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa untuk terus belajar dan memiliki motivasi disertai niat, spirit dan semangat agar bisa belajar dengan baik, juga meningkatkan soft skill maupun hard skill sehingga lulusan UNMUL bisa benar-benar mampu memiliki daya saing baik secara nasional maupun internasional,” tegas Prof. Abdunnur dihadapan para mahasiswa baru. (hms/zul)

Foto: Hartanto dan Pandu

Tanggal : 03 Agustus 2023

Universitas Mulawarman