Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Pimpinan Gojek Beri Pembekalan Mahasiswa KKN Angkatan 47

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mulawarman (UNMUL) Angkatan ke 47 tahun 2021 mendapatkan pembekalan lanjutan sebelum melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sabtu, (29/05), secara virtual Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menghadirkan narasumber yaitu dari PT Aplikasi Anak Bangsa atau Gojek Indonesia dan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNMUL dengan tema kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Sebuah kolaborasi untuk mendapatkan talenta digital dan eksplorasi inovasi di Kawasan Timur Indonesia  Akselerasi 1.000 Start Up dan Ekonomi Kreatif di Indonesia Timur disampaikan District Head Gojek Kalimantan, Irwansyah Fansyuri dalam layar presentasi.

Gojek disampaikannya, lahir dari ide sederhana untuk memberikan solusi memecahkan masalah sosial di Indonesia dengan cara inefisiensi dan daya saing sektor informal, mobilitas diperkotaan serta kurangnya lapangan pekerjaan.

“Langkah krusial dimana saat ini kita menghadapi adanya inefisiensi, kekurangan empowerment atau ada potensi yang belum dioptimalkan. Jika kita sambungkan dengan akselerasi program Maju Bersama 1.000 start up, ketika teman-teman mahasiswa di tempat KKN ada masalah maka nanti kita bisa kerja bareng,” tuturnya.

“Mahasiswa mengidentifikan masalah, nanti kita bantu membuatnya menjadi sebuah proposal dan program. Kita ikutkan dalam Camp Intensive selama dua sampai tiga bulan belajar desain, metodologi start up dan memecahkan masalah. Nantinya kita bisa dapatkan funding dan kesempatan presentasi di hadapan top investor,” tambahnya.

Rektor UNMUL, meminta dengan berbagai ide dan terobosan untuk KKN tahun ini yang masih dalam kondisi Pandemi dapat dilakukan dengan maksimal. Untuk mencapai hal maksmimal itu Rektor berpesan kesempatan pembekalan seperti saat ini yang dilakukan secara berkelanjutan oleh LP2M agar didapatkan pemahaman optimal sebelum mahasiswa KKN melakukan pengabdian.

“Tema pembekalan KKN yang sudah dan akan kembali dilaksanakan saya harap disimak dan dipahami serta diterapkan betul oleh para mahasiswa. Kami berharap banyak dari pembekalan ini didapatkan pemahaman maksimal dan bisa diterapkan dilapangan nanti oleh para Ananda mahasiswa,” harap Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si.

Desa Tangguh Penyangga Ibukota Negara yang menjadi tema besar KKN tahun ini sebut Rektor, memberikan isyarat dan gambaran kepada pemerintah dan masyarakat bahwa KKN UNMUL akan memberikan solusi kepada masyarakat khususnya yang berdampak pada kondisi Pandemi.

“Hal ini sangat penting karena dari sebuah desa yang tangguh sebagai penyangga Ibukota negara akan memberikan dampak besar yang dihasilkan dan mudah diterima dan diadaptasi oleh masyarakat Kaltim disanalah peran UNMUL hadir di tengah – tengah masyarakat salah satunya melalui aktivitas KKN ini,” urainya sebelum membuka acara.

Implementasi dan aktualisasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UNMUL disampaikan langsung oleh Ketua LP3M UNMUL, Prof. Dr. Lambang Subagiyo., M.Si sekaligus melengkapi materi pembekalan yang dihadiri hampir 1.000 partisipant melalui Platform Zoom Cloud Meeting dan disiarkan secara Live Streaming tersebut.  

“Konsep MBKM UNMUL tidak lepas dari visi UNMUL yakni universitas berstandar internasional yang mampu berperan dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bertumpu pada Sumber Daya Alam khususnya Tropis Lembab dan lingkungannya,” jelasnya.

Kurikulum UNMUL tahun 2020, sesuai dengan visi, misi dan Pola Ilmiah Pokok UNMUL serta berbasis Ipteks era digital, berbasis kompetensi, flexible, relevansi internal dan eksternal, memiliki skill abad ke 21, pendidikan jangka panjang  yang mana kesemuanya itu dikemukakan Ketua LP3M sesuai kebijakan MBKM dari Kementerian.

“Peran UNMUL saat ini adalah memfasilitasi mahasiswa bisa mengambil mata kuliah diluar Prodi sebanyak 20 SKS, kegiatan di luar Kampus maksimal 40 SKS. Selain itu diantaranya, menyusun panduan atau pedoman yang menjadi acuan implementasi MBKM ditingkat Prodi,” lanjutnya.    

Sebelumnya, turut hadir dalam ruang yang sama menyampaikan sambutan dan informasi terkini Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono dan Ketua LP2M UNMUL, Antan Rahmadi, Ph.D. (hms/frn)

 

Link Terkait: 

Tingkatkan Wawasan Mahasiswa, LP2M UNMUL Gelar Pembekalan KKN

Program KKN Unmul Angkatan 47 Diarahkan Berbasis SDGs Desa

Tanggal : 29 Mei 2021

Universitas Mulawarman