Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Pilmapres UNMUL, Ajang Penghargaan dan Motivasi Bagi Mahasiswa yang Berprestasi

Universitas Mulawarman (UNMUL) mengadakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) yang menjadi bagian dari kegiatan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pilmapres diadakan dengan tujuan untuk memberikan penghargaan dan motivasi bagi mahasiswa atau mahasiswi yang berprestasi baik itu dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Pilmapres UNMUL, diadakan di Ruang Lecture Theater, lantai 3 Gedung Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., UNMUL HUB pada Rabu (3/04/2024). Dimana yang menjadi juri atau tim penilai pada Pilmapres UNMUL terdiri dari berbagai Fakultas yang ada di Universitas Mulawarman.

Peserta Pilmapres UNMUL merupakan mahasiswa atau mahasiswi berprestasi dari fakultas masing-masing yang kemudian ikut dalam Pilmapres tingkat universitas. Dimana setiap fakultas berhak mengirimkan satu delegasi terbaiknya untuk ikut serta dalam Pilmapres UNMUL 2024. 

Adapun Fakultas yang ikut serta diantaranya; Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Kehutanan (Fahutan), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). 

Dalam pembukaan kegiatan Pilmapres UNMUL yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Moh. Bahzar, M.Si., dalam sambutannya mengharapkan mahasiswa yang ikut serta dalam Pilmapres 2024 memiliki mental yang kuat, sehingga dapat lebih percaya diri dalam mengikuti rangkaian seleksi dengan baik.

Menutup sambutannya, Prof. Moh. Bahzar menjanjikan kepada mahasiswa yang berhasil lolos ke tingkat nasional sebuah reward sehingga mahasiswa UNMUL dapat terus mengukir prestasi. “Dan juga akan diberikan pembiayaan penuh kepada mahasiswa terpilih untuk mewakili UNMUL nanti jika lolos di tingkat wilayah,” jelas Prof. Bahzar.

Pilmapres UNMUL 2024 dimenangkan oleh Toni Adreas Susanto dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sekaligus akan menjadi perwakilan UNMUL pada seleksi Pilmapres tingkat regional Kalimantan. Kemudian posisi kedua dimenangkan oleh Shafirnani Mashfufah dari Fakultas Kehutanan (Fahutan) dan posisi ketiga berhasi diraih oleh delegasi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Abdillah Gymnaastiar Gaja. 

Pada penutupan kegiatan Pilmpres UNMUL 2024 yang ditutup oleh Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Aditya Irawan, S.Pi., M.Si., mengatakan bahwa tim Juri telah berusaha dengan baik untuk menilai berdasarkan data dari tiap bidang yang di lombakan demi memilih perwakilan UNMUL pada PILMAPRES tahun 2024.

khusus untuk para pemenang saya mengucapkan selamat atas raihan yang di capai dan semoga bernilai berkah bagi kita semua," tuturnya.

Dr. Aditya mengharapkan kepada peserta yang memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan ini dapat menjadi tempat untuk meningkatkan potensi diri, dan terkhusus kepada dewan juri terimakasih atas waktu yang di luangkan untuk menilai mahasiswa dalam Pilmapres UNMUL 2024. 

“Terkhusus bagi yang tidak memenangkan kompetisi Pilmapres UNMUL 2024 tidak perlu berkecil hati atau merasa kecewa pada diri sendiri, karena kalian berdiri disini hari ini merupakan sebuah prestasi yang tidak dimiliki oleh setiap mahasiswa atau mahasiswi UNMUL dan kalian adalah pemenang di Fakultas masing-masing,” ucap Dr. Aditya menyemangati mahasiswa yang tidak masuk dalam tiga besar Pilmapres UNMUL 2024.

 

Penulis: Zulkifli

Editor : Sulkarnain

Foto    : Rizky dan Zulkifli

Tanggal : 04 April 2024

UNMUL Kemendikbudristek Puspresnas BPTI Pilmapres