Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Persamaan Persepsi Dosen Baru yang Mengikuti Sertifikasi Dosen Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman (UNMUL) mengadakan pertemuan dengan mengangkat topik Persamaan Persepsi Dosen Baru yang Mengikuti Sertifikasi Dosen Universitas Mulawarman yang di inisiasikan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Mulawarman (UNMUL). Acara ini pula dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, Ketua LP3M, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si dan pejabat lainnya yang hadir secara luring maupun daring.

Persamaan Persepsi ini bertujuan untuk menjadikan satu pandangan antara satu sama lain agar dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Kegiatan seperti ini akan sangat membantu baik Dosen maupun Civitas Akademika Universitas Mulawarman untuk berkembang lebih jauh melalui persamaan persepsi. Acara ini menghadirkan perwakilan satu orang setiap fakultas secara luring dan selebihnya berada di ruang Zoom Meeting atau melalui daring.

Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk dosen yang tidak lulus saat Sertifikasi Dosen di tahun yang lampau. Serdos ini juga merupakan pelaksanaan tiap tahun yang diadakan oleh LP3M dan juga merupakan tugas bagi Universitas Mulawarman untuk setiap dosen memiliki Sertifikat Dosen. Berdasarkan aturan pula, dosen di wajibkan memiliki sertifikasi dosen yang akan berdampak dengan penambahan penghasilan masing-masing dosen.

Dalam laporannya, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu diketahui antara lain pada Sertifikasi Dosen ini terdapat beberapa tes diantaranya Tes Kemampuan Akademik, Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan ada beberapa tes lainnya yang juga harus diikuti untuk mendapatkan sertifikasi dosen ini. “Tentu, kami mengharapkan arahan dari Bapak Wakil Rektor I untuk tahun depan, Universitas Mulawarman dapat memenuhi 70% dosen yang lulus Sertifikasi Dosen.”, jelasnya.

Seorang dosen, setiap hari juga mengajar. Namun, pembelajaran yang dilakukan belum tentu sesuai dengan harapan. Karena inilah, Sertifikasi Dosen hadir untuk membantu para dosen untuk mendapatkan pelatihan dan banyak hal lainnya. Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono memberikan apresiasi kepada LP3M karena terus meningkatkan mutu atau kualitas akademik maupun institusi dan berusaha merealisasikan keinginan Universitas Mulawarman sebagai Universitas yang berkarakter Internasional, bahkan Nasional saja rasanya sulit.

Dalam sambutannya, Guru Besar Fakultas Kehutanan itu menjelaskan bahwa Sertifikasi Dosen juga merupakan salah satu keputusan untuk meyakinkan negara untuk memberikan sertifikasinya berdasarkan kualitas dan mutunya. “Ini sesuatu yang harus ditempuh, walaupun kebijakan itu terkadang berganti-ganti,” tegasnya. Kegiatan Persamaan Persepsi Dosen Baru yang Mengikuti Sertifikasi Dosen Universitas Mulawarman ini resmi dibuka pada Jum’at, 10 Desember 2021 di Hotel Ibis Samarinda dengan menghadirkan beberapa Narasumber antara lain, Dr. Sudarman, M.Pd yang akan menyampaikan materi mengenai Kinerja PBM dan Agus Soepriyadi, S.E., yang menyampaikan materi Sistem dan Mekanisme Serdos.(hms/tik)

Tanggal : 10 Desember 2021

Universitas Mulawarman