Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Peringkat 35, UNMUL Jaga Konsistensi Masuk Daftar 50 Besar PT Terbaik di Indonesia

Pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia berskala dunia yang rutin dilakukan Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli tahun 2021 secara resmi dirilis. Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berhasil masuk dalam pemeringkatan dengan empat indikator tersebut.

Pada edisi kali ini, nama Universitas Mulawarman (UNMUL) bertengger pada peringkat 35, serta hasil ini menunjukkan Kampus terbesar di Kalimantan Timur (Kaltim) ini masih konsisten masuk dalam daftar 50 besar PT terbaik di Indonesia.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap perguruan tinggi se-dunia. Pada laman resminya http://www.webometrics.info/en, Webometrics melansir bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas. Webometrics menekankan bukan melakukan pemeringkatan website universitas, tetapi melakukan pemeringkatan universitas berdasarkan data website-nya.

Dr. Ir. Bohari Yusuf., M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas UNMUL menyampaikan, sejak tahun 2004, Webometrics Ranking diterbitkan dua kali setahun, dengan data yang dikumpulkan selama bulan Januari dan Juli.

“Hasil ini tentu saja menggembirakan bagi kita semua karena naik dari sebelumnya dan kini meningkat menjadi 35. Tentu menjadi pencapaian luar biasa. Webometrics pemeringkatan berbasis website yang dinamis karena sangat terkait dengan volume dan kualitas konten yang dipublikasikan di website resmi lembaga,” jelasnya saat dihubungi Humas UNMUL. Rabu, (28/07).

Karena berbasis Website, sehingga UNMUL saat ini tambahnya, telah dan akan terus berupaya mempublikasikan capaian–capaian terkini dan berbagai hal yang penting untuk di akses publik melalui media resmi lembaga.

“Dinamisasi Webo tergantung kita semua, kedepan semua unit kerja agar maksimal mempublikasikan semua capaian secara official masing-masing Fakultas maupun tingkat Universitas,” harapnya.

Tidak ingin puas dengan hasil pemeringkatan di Webometrics, saat ini UNMUL sebutnya, sedang berfokus pada pemeringkatan yang dilakukan Kemendikbudristek dengan indikator atau penilaian yang tentunya berbeda.

“Jika di Webometrics berbasis pada hal keterbukaan akses publikasi ilmiah agar masyarakat dunia dapat dengan mudah mengakses di jaringan internet. Sedangkan pemeringkatan Kemendikbuddikti berbasis pada data yang diinput dalam sebuah sistem yang tersedia,” terangnya. Atas hal itu diakuinya, perlunya keseriusan penginputan data terkait di beberapa sistem pemeringkatan diantaranya, PDDIKTI, SIMKATMAWA dan lainnya.

“Kita semua berharap UNMUL kembali berjaya pemeringkatan versi Kementerian yang by system dan hasil inputan menentukan untuk perolehan peringkatnya. Namun begitu, kami juga berharap peringkat yang stabil dan pada posisi yang bagus pada pemeringkatan skala dunia dengan indikator yang telah ditetapkan semisal di SCImago, 4ICU dan Webometrics,” serunya. 

“Karena selama ini tiga pemeringkatan berskala dunia yang berbasis online ini UNMUL selalu menempati posisi yang bagus. Kita harus bekerja keras bersama khususnya pemeringkatan Kementerian,” lanjutnya.

 

Lengkapi Capaian Prima Pemeringkatan Dunia

Capaian terbaru pemeringkatan berskala dunia ini melengkapi raihan sebelumnya yang menetapkan UNMUL pada rangking pertama se Indonesia menurut SCImago Institutions Rankings. Posisi puncak tersebut diraih dalam penelitian dan inovasi di bidang energi.

Sementara itu, Kampus berakreditasi A ini menempati peringkat 18 di Indonesia dengan Indikator penilaian meliputi Research, Innovation, dan Societal. Selain itu masih dari bidang yang sama, UNMUL menempati posisi ke-189 dari perguruan tinggi se-Asia, dan peringkat ke-365 sedunia.  

Memiliki skor 750 dalam website www.scimagoir.com itu juga diumumkan peringkat beberapa sektor diantaranya bidang Pemerintahan, Kesehatan dan Perusahaan. Berdasarkan capaian ini, UNMUL setara dengan beberapa Perguruan Tinggi dibeberapa negara yaitu Cardiff University, Inggris. Harvard-MIT Division of Health Sciences and Tecnology, Amerika. Serta diposisi yang sama dengan Kumamoto University, Jepang

Pun demikian dengan Perguruan Tinggi dalam negeri, Universitas dengan Pola Ilmiah Pokok “Tropical Studies” itu berada diatas Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Udayana dan Universitas Negeri Medan serta beberapa Perguruan Tinggi Swasta besar. (hms/frn)

 

Link Terkait

UNMUL Masuk Peringkat Atas Pemeringkatan Skala Dunia

Unmul Berjaya di Pemeringkatan Internasional, Universitas Terbaik Se-Indonesia untuk Riset Energi

Tanggal : 28 Juli 2021

Universitas Mulawarman