Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Pentingnya Komunikasi, GenBI Kaltim Komisariat UNMUL Gelar Acara Complicated

Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kalimantan Timur (Kaltim) Komisariat Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan acara Complicated tahun 2019. Ketua Panitia Acara Complicated Rio H. Sitinjak menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh peserta maupun teman-teman yang telah hadir di Atrium Bigmall Samarinda, Selasa (29/10), menghadiri talkshow interaktif yang merupakan juga acara penutup dari Acara Complicated 2019.

“Kegiatan ini usungan dari Divisi Komunikasi GenBI UNMUL. Jadi, Complicated ini adalah akhir dari setiap kelas-kelas yang sudah dibentuk oleh Divisi Komunikasi, ada kelas branded, kelas vlog dan juga ada kelas public speaking yang kita akhiri dengan perlombaan. Dalam Complicated 2019 ini ada 4 perlombaan, lomba news casting, lomba vlog, lomba poster dan lomba essai. Untuk lomba news casting telah kami laksanakan 24 Oktober yang lalu yang bertempat di Studio Tepian TV Samarinda dan diikuti oleh 41 peserta mahasiswa dan siswa dari Samarinda,” paparnya.

Kemudian untuk 3 lomba lain, lanjut Rio, lomba vlog, lomba poster dan lomba essai bentuknya simulation online. “Untuk tema yang kami angkat adalah Pemuda dan Ibu Kota, Bagaimana Peran Pemuda Menghadapi Ibu Kota Negara (IKN) yang akan dipindahkan ke Kalimantan. Jumlah peserta yang telah ikut dalam Acara Complicated 2019 berjumlah 110 orang dan pada hari ini akan diumumkan pemenang dari 4 perlombaan tersebut. Kita juga mengadakan talkshow interaktif yang mengundang langsung narasumber dari Jakarta yaitu Safira Umm (TV Personality, Radio Announcher dan juga Presenter di i News Net TV). Tujuan dari talkshow interaktif ini kami mau membangun untuk seluruh generasi khususnya yang ada di Samarinda, agar komunikasi itu bisa dijadikan karir dikemudian hari,” ucap Rio.

Sementara, Ketua Umum GenBI Kaltim Komisariat UNMUL 2019 Amar Piransyah mengatakan program kerja yang telah dilaksanakan oleh GenBI Kaltim yaitu program kerja yang bertajuk Complicated 2019. Teman-teman GenBI Kaltim Komisariat UNMUL menginisiasi kegiatan Complicated 2019 ini, karena Complicated tersebut berhubungan dengan komunikasi. “Komunikasi itu adalah seni bagaimana kita mempengaruhi lawan bicara kita, komunikasi sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari, baik dalam kegiatan kuliah, berorganisasi maupun dalam hal dunia pekerjaan. Hal demikian menjadi landasan utama dari teman-teman GenBI kenapa kemudian Acara Complicated 2019 diadakan tahun ini,” jelasnya.

Amar menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar untuk mengapresiasi dan juga sebagai evaluasi kelas-kelas yang telah dilaksanakan teman-teman dari Divisi Komunikasi sebelumnya yaitu, ada kelas vloger, kelas branding  dan kelas public speaking. Apapun dan dimanapun pasti kita memerlukan public speaking.

“Seperti diketahutui, Komunitas GenBI adalah sebuah komunitas penerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI) yang dimana kita diwajibkan untuk membuat suatu program kerja, yang program kerja ini berdasarkan masalah-masalah yang ada di Kaltim terkhusus yang ada di Samarinda. Jadi ini adalah salah satu masalah yang ada di Samarinda yaitu mengenai komunikasi,” tutur Amar.

Foto: Sulkarnain                           

Tanggal : 30 Oktober 2019

Universitas Mulawarman