Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Penelitian Ke Kabupaten Kukar, Tim Peneliti Multy Award UNMUL Diterima Oleh Sekda Kukar

Kegiatan penelitian lapangan dalam rangka Multy Award 2023 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada tanggal 12 September 2023 dengan agenda indepth interview kegiatan Multy Award Tahun 2023 Universitas Mulawarman (UNMUL). Kedatangan tim peneliti Universitas Mulawarman diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Dr. H. Sunggono, M.M., di ruang kerjanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara, Dr. H. Sunggono, M.M., didampingi oleh Maman Setiawan, S.T., M.T., beserta staf, menyampaikan program-program unggulan yang akan diikutsertakan dalam kegiatan Multy Award UNMUL tahun 2023 kepada tim peneliti dari UNMUL, Dr. Muliati, M. Sc dan Emilda Kuspaningrum, S.H., K. N., M. H diruang Sekda Kab. Kutai Kartanegara. Program unggulan untuk dikompetisikan pada masing-masing parameter (ekonomi, pelayanan publik, dan politik).

Agenda indepth interview dimulai dengan pemaparan program unggulan (prolan) yang diusulkan oleh Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mengikuti Multy Award 2023. Kota Kabupaten Kutai Kartanegara total mengusulkan sekitar 10 (sepuluh) prolan untuk dikompetisikan pada masing-masing parameter (ekonomi, pelayanan publik, dan politik). Pada salah satu indikator parameter terdapat lebih dari 1 (satu) prolan yang diusulkan.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan program unggulan  di Ruang Rapat Utama Gedung Bupati Kutai Kartanegara (Kukar). Kegiatan ini dipimpin oleh Maman Setiawan, S.T., M.T., dan sebagai moderator Fathul Alamin, S.STP. Pada agenda tersebut juga dihadiri perwakilan dari Kecamatan Samboja, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Dinas Kesehatan, Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Sosial, Badang Kesbangpol dan Bagian Organisasi di lingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selesai pemaparan, agenda dilanjutkan dengan diskusi antara tim peneliti dengan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara. Dari diskusi tersebut dapat diketahui akurasi antara prolan yang diusulkan dengan parameter dan indikator Multy Award 2023.

Setelah dilakukan pengerucutan sampai dengan 9 (sembilan) prolan sesuai dengan masing-masing indikator, indepth interview dilanjutkan bersama perangkat daerah yang secara teknis menjalankan masing-masing prolan. Indepth interview ditutup dengan pengisian formulir isian data Multy Award 2023. Agenda indepth interview berikutnya adalah melakukan finalisasi usulan yang disertai dengan penyempurnaan bukti-bukti pendukung pada masing-masing usulan prolan. (*timpeneliti/hms/zul)

 

Peneliti  :    Muliati dan Emilda Kuspraningrum

Tanggal : 12 September 2023

Universitas Mulawarman