Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Pendaftaran SNMPTN 2022 Dibuka, Ini Dia Tahapan dan Tanggal Pentingnya

Siswa Harus Permanenkan Akun

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), secara resmi telah membuka pendaftaran pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022, sejak tanggal 14 hingga 28 Februari 2022. Dalam kurun waktu dua pekan tersebut siswa SMA, SMK, MA kelas 12 yang ingin menjadi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diharapkan aktif menyimak berbagai tahapan serta tanggal penting pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tanpa tes masuk tersebut.

Sub Koordinator Humas Universitas Mulawarman (UNMUL), Ari Wibowo, SH., MH menyampaikan, sebagai salah satu universitas dari 74 Perguruan Tinggi Negeri yang dapat dipilih peserta di jalur ini,  setidaknya ada beberapa tahapan penting di pengisian pendaftaran SNMPTN 2022.

“Sesuai hasil evaluasi pendaftaran SNMPTN berdasarkan surat edaran terbaru dari LTMPT, dinyatakan bahwa tahap permanen akun siswa merupakan syarat penting untuk mendaftar jalur SNMPTN 2022. LTMPT memberikan kesempatan bagi siswa eligible untuk melakukan simpan permanen akun siswa sebelum masa pendaftaran di jalur ini tutup,” jelasnya.

Oleh karena itu harapnya, siswa lulusan tahun 2022 yang mendaftar di jalur penerimaan ini agar segera melakukan simpan permanen di akun masing – masing karena syarat untuk daftar adalah memiliki akun LTMPT sebelum ditutup pada 28 Februari 2022, pukul 15.00 WIB.

Pun demikian dengan pengisian pilihan Program Studi (Prodi) singgungnya, perlu menjadi perhatian yang mana siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. “Jika memilih dua Prodi, salah satu harus berada di PTN Provinsi yang sama dengan asal sekolah. Sedangkan, jika memilih hanya satu Prodi, siswa dapat memilih PTN yang berada di Provinsi manapun,” tambahnya.

Dirinya juga melanjutkan, berdasarkan ketentuan dari LTMPT sebagai penyelenggara tes masuk PTN, para siswa disarankan tidak lintas minat dan tergantung pula ketentuan PTN tujuan.

Sebagai PTN terbesar dan tertua di Provinsi Kalimantan Timur, UNMUL sebutnya dalam waktu dekat akan kembali melaksanakan Sosialisasi dan Promosi terkait Penerimaan Mahasiswa baru yang rutin setiap tahun dilakukan.

Sementara itu, tanggal penting yang harus diketahui mahasiswa baru setelah proses pendaftaran jalur SNMPTN selesai, pengumuman hasil akan disampaikan pada tanggal 29 Maret 2022. Adapun bagi siswa lulusan tiga tahun terakhir jika ingin mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 dapat melakukan registrasi akun LTMPT mulai tanggal 14 Februari sampai dengan 17 Maret 2022.

“Bagi para calon mahasiswa baru silahkan secara berkala dan aktif memantau berbagai perkembangan informasi ini melalui website utama unmul.ac.id ataupun website ltmpt.ac.id serta di akun media sosial resmi UNMUL. Instagram dan Twitter di @unmul, akun Facebook, Universitas Mulawarman, akun Youtube, UNMUL TV,serta Telegram di @unmulofficial,” tuturnya.

Khusus jalur SNMPTN, UNMUL menyediakan kuota 1.650 kursi dari 13 Fakultas yang ada di universitas berakreditasi A ini. Merujuk data yang tersaji di website UNMUL, tahun ini tersedia total 6.058 daya tampung penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 di tiga jalur penerimaan. (hms/frn)   

 

Link Terkait:

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUL Tahun Akademik 2020/2021

Tanggal : 14 Februari 2022

Universitas Mulawarman