Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Pelajari Pengelolaan Tracer Study, UPR Kunjungi UNMUL

Konsultasi dalam bentuk kunjungan kerja dilakukan Universitas Palangkaraya (UPR), Provinsi Kalimantan Tengah, ke Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Universitas Mulawarman (UNMUL) guna mendapatkan informasi terkini pengembangan Tracer Study (TS) dan pengelolaan beasiswa di Kampus Gunung Kelua sebutan UNMUL.

Surya Wijaya, SE., M.Si, selaku Sub Koordinator Minat, Penalaran, dan Data Informasi (MPIK), UPR, mengatakan bahwa, sudah direncanakan sejak awal tahun 2020 bersama Wakil Rektor Bidang Hukum, Organisasi, SDM dan Kemahasisiwaan UPR, untuk berkunjung ke UNMUL, namun masih urung telaksana karena kondisi Pandemi Covid – 19.

“Di awal 2020 sebenarnya kami ingin berkunjung ke UNMUL namun terkendala kondisi pandemi. Dipertemuan ini sekaligus kami ingin pula mengetahui informasi terkait, karena di UPR belum ada lembaga atau unit kerja khusus yang menangani Tracer Study maupun pengembangan karir dan kewirausahaan bagi mahasiswa,” katanya.

“Semoga dengan hasil belajar kami hari ini di UNMUL bisa menjadi modal laporan bagi kami ke pimpinan agar dapat ditindaklanjuti. Pak Rektor juga sangat konsen terhadap hal ini,” tambahnya.

Disambut secara hangat, rombongan UPR diterima oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (KBAK) UNMUL, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si. Dirinya mengutarakan, aktivitas saling berkoodinasi dan berkonsultasi antara lembaga menjadi kebanggaan bagi UNMUL dalam hal terkait kemahasiswaan.

“Hadir untuk mengetahui Tracer Study, diruangan ini kami hadirkan para ahli mengenai hal tersebut.  Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dilembaga pendidikan tinggi bahwasanya, apapun program dari Pemerintah harus kita laksanakan. Perubahan apapun harus kita sikapi dan lakukan dengan cepat,” ungkapnya saat memberikan pengantar acara di Ruang Rapat Tiga Lantai Satu Rektorat UNMUL, Jum’at, (11/03).

Terkait TC dan pengelolaan para alumni yang ada di UNMUL, KBAK berharap segala sesuatu yang dilakukan menjadi kemajuan karena berkaitan pula dengan pemeringkatan Perguruan Tinggi. “Untuk pengelolaan beasiswa dengan karakrer mahasiswa yang beragam kita harus siap menghadapi diri sebaik mungkin demi terwujudnya pelayanan yang baik dan mengutamakan edukasi bagi para mahasiswa,” harapnya.

“Mewakili Pimpinan UNMUL kami mengucapkan selama datang untuk UPR, mari kita diskusi dan belajar bersama,’ tutupnya.

Sosialisasi Teknis Tata Kelola Tracer Study UNMUL, diisi oleh Putut Pamilih Widagdo, S.Kom., M. Kom. Pentingnya Tracer Study dalam presentasinya dikatakan menjadi bagian dari Indikator Kinerja Utama (IKU) oleh Kemendikbudristek.  

Selain itu, teknis alur Tracer Study salah satunya yakni sebagai sumber data lulusan Prodi mulai dinyatakan lulus dan memulai untuk proses pendaftaran wisuda. "Wisuda S1 di UNMUL sudah terintegrasi dengan TS. Di tingkat universitas UPT Perkasa UNMUL melalui Divisi TS akan melakukan Monitoring dan Evaluasi," serunya.

Pun demikian disampaikan Dosen dari Fakultas Teknik UNMUL dengan spesialisasi bidang keahlian Programming ini, menerangkan bahwa kebijakan Institusi pada tingkat Prodi mewajibkan lulusan mengisi data alumni di TS. Meningkatkan respon alumni sosialisasi berbasis digital juga tidak luput dilakukan melalui media online Kampus.

"Di tingkat Fakultas juga tidak akan memberikan SKL atau melakukan Yudisium jika belum mengisi data di TS,” jelasnya saat menyinggung beberapa regulasi lembaga atau pelaksanaan aturan di setiap unit kerja dilingkungan Kampus berakreditasi A ini untuk pengelolaan TS.

Hadir pula dalam acara ini, Kepala UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (Perkasa) UNMUL, Rusliansyah, S.E.,M.Si, Koordinator Kemahasiswaan BAK UNMUL, Drs. Haeruddin., M.Si dan Sub Koordinator Kesma, Juwari, S. Hut., MP serta para Staf terkait. (hms/frn)

 

Foto: Ahmad Yusuf

 

Tanggal : 11 Maret 2022

Universitas Mulawarman