Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Para Pengajar Pendidikan Kimia Tingkatkan Pengetahuan Lewat Berdaring Berirama

Disiarkan secara langsung dari Broadcast Room, Gedung UNMUL HUB, Jalan Sambaliung, Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda, Sabtu, 10 Juni 2023, menggunakan konsep Hybrid melalui sambungan aplikasi Tele Conference, Program Studi (Prodi) Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar Acara Berdaring Berirama.

Berdaring Berirama merupakan sebuah singkatan dengan kepanjangan Belajar Daring Bersama di Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mulawarman. Kegiatan akademik ini menjadi wadah bagi para Guru, khususnya Guru Kimia dan mahasiswa calon Guru Kimia untuk dapat menimba ilmu atau meningkatkan kembali ilmu – ilmu bidang terkait yang pernah diperoleh.

Kegiatan Berdaring Berirama UNMUL series pertama ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta secara daring yang juga berasal dari berbagai profesi seperti dosen dan peneliti yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

"Selain menjadi wadah bagi Guru dan calon Guru Kimia untuk mendapatkan perkembangan ilmu pengetahuan terkini. Di kesempatan ini juga sekaligus dapat memantapkan atau merefresh kembali ilmu – ilmu yang dimiliki,” jelas, Sukemi, S.Pd., M.Sc, penggagas Berdaring Berirama.

Dirinya melanjutkan, berbeda dengan tahun sebelumnya, di series pertama ini para pemateri yang dihadirkan adalah Dosen dari Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mulawarman yang disiarkan pula secara Live Streaming melalui akun Youtube Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP UNMUL.

“Berdaring Berirama UNMUL tahun 2023 adalah series pertama sebagai lanjutan dari Berdaring Berirama pada tahun 2021 yang sukses diselenggarakan sebanyak 6 series. Di tahun 2021, narasumber Berdaring Berirama UNMUL menghadirkan pemateri dari luar. Namun, mengawali Berdaring Berirama kali ini, yakni di series 1 dan 2, pematerinya berasal dari Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia FKIP Unmul,” lanjutnya.

Berdaring Berirama UNMUL Series 1 dan 2 tambah Dosen Prodi Sarjana Pendidikan Kimia FKIP UNMUL tersebut, merupakan bagian dari implementasi progam Pengabdian Masyarakat Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia FKIP UNMUL.

Dekan FKIP UNMUL mengemukakan, kegiatan ilmiah ini akan mengulas berbagai informasi keilmuan kimia terbaru yang disosialisasikan kepada para peserta. Salah satunya adalah, penguatan konsep yang diutarakan salah satu narasumber agar hasil yang didapatkan bisa dilaksanakan dengan baik. Pun demikian dengan pemaparan materi keterampilan proses yang disampaikan pemateri lainnya sangat menentukan hasil atau output yang didapatkan.  

“Harapan fakultas saat ini, Prodi Kimia yang sudah berakreditasi unggul ke depan mampu meraih akreditasi internasional. Berbagai hal sangat perlu ditingkatkan, salah satunya penggunaan Bahasa Internasional yakni Bahasa Inggris,” terang Prof. Dr. Muh. Amir M, M. Kes sebelum membuka acara secara resmi dalam room Zoom Cloud and Meeting.

Dimulai pukul 08.30 hingga 12.30 WITA, panitia menghadirkan Dr. Pintaka Kusumaningtyas, M.Si yang menyampaikan materi tentang “Penguatan Konsep Kimia dalam Kurikulum Merdeka”. Serta dilanjutkan oleh Dr. Yuli Hartati dengan topik "Pentingnya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa".

Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat Prodi Sarjana Pendidikan Kimia FKIP UNMUL tahun 2023, Dra. Maasje C. Watulingas, M.Pd memaparkan bahwa, kegiatan pengabdian masyarakat digagas dengan mengintegrasikan dengan kegiatan Berdaring Berirama UNMUL Series 1 dan 2.

"Di series kedua nanti yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Juni 2023, Dr. Farah Erika, M.Si yang merupakan koordinator Prodi Sarjana Pendidikan Kimia FKIP UNMUL akan menyampaikan materi Model Pembelajaran Inkuiri dan Aplikasinya dalam Eksperimen Kimia,” sampainya.

Sementara itu, rangkaian pengabdian masyarakat Prodi Sarjana Pendidikan Kimia FKIP UNMUL akan diakhiri pada Selasa, 27 Juni 2023 dengan memberikan Workshop kepada Guru – Guru Kimia di Kota Samarinda dan sekitarnya tentang Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Praktikum Penentuan Trayek pH indikator asam basa alami yang akan dilaksanakan secara Offline atau Luring. (hms/frn/kem/fkip)

 

 

Tanggal : 10 Juni 2023

Universitas Mulawarman