Universitas Mulawarman

Berita

Images Images Images Images

Universitas Mulawarman

Pantau Pelaksanaan UTBK di UNMUL, Rektor: Ujian Berjalan dengan Baik dan Lancar

Universitas Mulawarman (UNMUL) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi pusat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2024. Pelaksanaan UTBK di UNMUL dilaksanakan selama satu minggu, yaitu mulai dari 30 April dan tanggal 2 sampai 7 Mei 2024 untuk pelaksanaan UTBK gelombang pertama.

UNMUL telah mempersiapkan sarana dan prasarana bagi peserta UTBK seperti menyiapkan 840 unit Komputer yang tersebar di 13 Fakultas yang ada di UNMUL. Selain itu, UNMUL telah mempersiapkan akses internet yang optimal sehingga peserta UTBK tidak mengalami kendala jaringan selama mengikuti tes. Panitia UTBK UNMUL telah melakukan uji coba yang di monitoring langsung oleh panitia pusat sebelum hari pelaksanaan UTBK di mulai. 

Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si., Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Prof. Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt., M.Si., Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si., Koordinator Akademik, Drs. Edwar Doran, Sub Koordinator Registrasi dan Statistik, Isai Julianto Mangele, S.Kom., serta Sub Koordinator Hubungan Masyarakat, Sigit Hadi Suyitno, S.H., menyempatkan kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNMUL untuk memantau dan meninjau secara langsung terkait pelaksanaan UTBK, pada Kamis (02/05/2024).

Dalam kunjungan yang dilakukan oleh Rektor beserta rombongan ke FEB dan FPIK di sambut langsung oleh Dekan beserta Wakil Dekan masing-masing Fakultas.

Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., menuturkan bahwa pelaksanaan UTBK UNMUL berjalan dengan baik dan lancar, dan berharap pelaksanaan UTBK di hari-hari berikutnya berjalan dengan baik dan lancar.

“Melalui UTBK yang dilaksanakan di UNMUL juga menjadi semangat bagi calon Mulawarman Muda untuk masuk UNMUL tahun 2024. Dan berharap peserta UTBK banyak yang memilih UNMUL sebagai Universitas tujuan pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT),” jelas Prof. Abdunnur.

Rektor menerangkan bahwa terdapat 10.599 calon mahasiswa yang memilih UNMUL sebagai pusat tes UTBK dan calon mahasiswa yang memilih UNMUL sebagai PTN tujuan terdapat 19.000-an peserta secara nasional, sedangkan UNMUL sendiri hanya memiliki 2000-an kuota untuk jalur SNBT. 

Mahasiswa yang mendaftar di UNMUL didominasi oleh pendaftar untuk masuk ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Kehutanan (Fahutan) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) juga turut menuai peningkatan peminat di setiap tahunnya.

Penulis : Zulkifli

Editor  : Sulkarnain

Foto     : Hartanto dan Zulkifli

Tanggal : 02 Mei 2024

UNMUL Kemendikbudristek UTBK SNBT