Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Pandemi COVID 19, Sumpah Dokter FK UNMUL Dilakukan Secara Online

Dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease (COVID) 19, Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar pelaksanan Sumpah Dokter Angkatan 46 secara berbeda. Kegiatan ini dilakukan berbasis virtual melalui perangkat dan fitur tele conference dari kediaman masing-masing secara online atau daring.

Selain itu, acara yang berlangsung di Ruang Pelatihan FK UNMUL, Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda, Selasa, (21/04) tersebut, tetap memperhatikan anjuran pemerintah dan protokol kesehatan salah satunya dengan menerapkan physical distancing, menggunakan masker dan tidak bersalaman selama acara berlangsung.

Dari total sebanyak 15 dokter muda yang diambil sumpahnya, hanya lima dokter baru yang hadir di ruangan sebagai perwakilan. Secara hikmat, para tenaga kesehatan ini mengucapkan 12 butir sumpah yang dibacakan Dekan FK UNMUL, dr. Hj. Ika Fikriah, M. Kes serta disaksikan langsung oleh Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si.

dr. Soehartono, Sp. THT sebagai Ketua Prodi Profesi Dokter, FK UNMUL melaporkan, saat ini Fakultas yang berdiri sejak tahun 2001 itu telah memiliki 646 alumni. “Kami ucapkan selamat kepada para dokter muda yang diambil sumpahnya pada hari ini. Setelah resmi menyandang gelar dan sekian tahun mengemban pendidikan di FK UNMUL, mulai hari ini rekan sejawat sekalian tiba waktunya untuk kembali ke masyarakat, menerapkan dan mengabdikan diri serta ilmu yang dimiliki untuk masyarakat,” harapnya.

Adapun lulusan tiga terbaik dalam sumpah dokter kali ini disampaikannya, berhasil digapai oleh dr. Edwin Prasetya dengan IPK 3.67, diikuti dr. Muhammad Izzan Harruzia yang memiliki IPK 3.64 serta dr. Andi Bagaswara yang berhasil meraih IPK 3.54. Dirinya juga mengingatkan, tantangan bidang kedokteran sangat besar, terlebih ketika wabah COVID 19 seperti saat ini.

Sementara itu Dekan menjelaskan, pelaksanaan Sumpah Dokter harus tetap dilaksanakan di tengah pandemi COVID 19 dikarenakan pada dokter baru tersebut harus mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai syarat mengikuti program internship nantinya.

“Terima kasih kepada Rektor dan semua pihak yang telah banyak membantu dalam kerjasama pendidikan. Sehingga para dokter berhasil sampai hari ini. Saat ini tenaga kesehatan sangat diperlukan di negara ini, dan para dokter ini siap mengabdi untuk bangsa dan negara,” katanya diatas podium saat memberikan sambutan.

Ucapan selamat dan apresiasi dilontarkan Rektor pada Sumpah Dokter yang dilakukan secara khusus ini. Di kesempatan tersebut dirinya menyampaikan, capaian hari ini adalah hasil kerja keras, dedikasi dan impian semua pihak untuk meluluskan para dokter terbaik yang mampu mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Hari ini sudah kita ketahui dan rasakan bersama harus kita gelar dalam suasana dan cara seperti ini, dalam kondisi yang sebenarnya tidak memungkinkan. Namun, dengan niat yang tulus dan ikhlas dengan tujuan aktivitas yang mulia, maka pada hari ini terlaksana Sumpah Dokter yang penuh haru juga di tengah keprihatinan. Meski begitu Insya Allah akan punya makna dan berkah tersendiri,” tuturnya.

Rektor juga meminta andil besar di masyarakat dapat diwujudkan para dokter. Apalagi dalam kondisi saat ini. “Meski suasana seperti ini semangat dan optimisme harus dijunjung tinggi, meskipun bekerja dari rumah atau tempat lain namun kontribusi maksimal harus tetap diberikan kepada masyarakat. Lakukanlah yang terbaik,” pintanya.

Meski aktivitas terbatas, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik itu mengajak semua pihak tetap berusaha melakukan pekerjaaan dengan maksimal dan yang dilakukan adalah yang terbaik. “Secara pribadi kami apresiasi untuk FK UNMUL, karena ditengah - tengah kondisi seperti ini, Fakultas ini tetap menunjukan dedikasi sesuai dengan akreditasinya yang sudah unggul atau berakreditasi A,” paparnya.

“Selamat telah meraih gelar dokter pada hari ini, semoga semua ilmu yang diterima dapat diamalkan, dilaksanakan di tengah – tengah masyarakat,” tutupnnya. Selain para orang tua dan keluarga yang menyaksikan lewat aplikasi online, hadir juga di acara ini Direktur RSUD Abdoel Wahab Sjahranie, Samarinda dr. David Hariadi Masjhoer, SpOT., FICS yang menyaksikan Sumpah Dokter dari ruang kerjanya. (hms/frn)   

 

Foto: Hartanto

Video: Robby Adhitya

Sumpah FK UNMUL Angkatan XLVI Ditengah Pandemi COVID-19 

Tanggal : 21 April 2020

Universitas Mulawarman