Universitas Mulawarman

Berita

Images Images Images Images Images Images Images Images

Universitas Mulawarman

NUDC Tingkat Wilayah, Delegasi UNMUL Raih Sejumlah Penghargaan hingga Melaju ke Tingkat Nasional 2024

Universitas Mulawarman (UNMUL) mengikuti seleksi tingkat wilayah National University Debatting Championship (NUDC) tahun 2024. NUDC adalah kompetisi debat Bahasa Inggris yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). NUDC tingkat wilayah dilaksanakan secara online dan peserta NUDC dari UNMUL mengikuti rangkaian acara seleksi di Gedung Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., UNMUL HUB. Kegiatan ini mulai dari Jumat 26 hingga Senin 29 April 2024.

Adapun mahasiswa yang mewakili UNMUL pada seleksi NUDC tingkat wilayah merupakan mahasiswa yang telah mengikuti serangkaian seleksi mulai dari tingkat Program Studi, Fakultas hingga Universitas. Dan untuk tahun 2024 UNMUL mengirimkan perwakilan dari Fakultas Kedokteran (FK) Naiara Dameris Putri Nugroho (Debater), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Kenny Mandala Chandra Tjang (Debater) dan Toshi Atthur Ilafi (N1 Adjudicator). 

Pada seleksi NUDC Tingkat wilayah, perwakilan UNMUL berhasil mendapatkan beberapa penghargaan baik itu penghargaan Tim maupun yang Individu. Keberhasilan ini semakin sempurna dengan kemenangan disetiap babak penyisihan yang terdiri dari 8 babak. Raihan penghargaan tersebut, diantaranya yaitu: Medali Emas Tim Terbaik 1 Wilayah 1 (Region Kalimantan dan Sumatera), Medali Emas Tim Terbaik 1 LLDIKTI XI (Regional Kalimantan). Dan untuk penghargaan individu Naiara Dameris Putri Nugroho (Debater) berhasil mendapatkan dua penghargaan yaitu Medali Emas Pembicara Terbaik 1 untuk kategori Perguruan Tinggi  wilayah Sumatera dan Kalimantan. Dan Medali Emas Pembicara Terbaik 1 LLDIKTI XI untuk Regional Kalimantan. 

Sedangkan Kenny Mandala Chandra Tjang (Debater) juga mendapatkan penghargaan Medali Emas sebagai pembicara terbaik 3 untuk Kejuaraan seleksi wilayah 1 (Perguruan tinggi wilayah Sumatera dan Kalimantan) dan Medali Emas sebagai Pembicara Terbaik 2 LLDIKTI XI (Regional Kalimantan).

Sehingga dengan hasil NUDC Tingkat Wilayah tersebut, dimana UNMUL mendapatkan banyak penghargaan maka perwakilan UNMUL berhak untuk melaju ke NUDC Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan secara tatap muka di Universitas Terbuka di Tanggerang pada tanggal 26 Mei sampai dengan 2 Juni 2024 secara luring. 

Penulis : Zulkifli

Editor   : Wasono dan Sulkarnain

Foto      : Rizky Hamdani Anwar

Tanggal : 04 Mei 2024

BPTI UNMUL Kemendikbudristek Puspresnas NUDC