Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Muhammad Dahlan Balfas Kembali Pimpin Fakultas Teknik UNMUL

Ir. Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T kembali memimpin Fakultas Teknik (FT) Universitas Mulawarman (UNMUL) periode tahun 2020-2024. Kepastian itu terwujud setelah dosen Teknik Geologi itu memperoleh suara unggul dari dua lawannya saat Rapat Senat Tertutup Pemilihan Calon Dekan FT perioode tahun 2020-2024 yang dilaksanakan di Gedung 2 lantai 2 Fakultas Teknik, Senin (23/12).

Ir. Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T mendapatkan 9 suara dari total 12 suara, sedangkan dua lawannya Ir. Hj. Masayu Widiastuti, M.T (3 suara) dan Fachriza Noor Abdi, S.T., M.T (tidak mendapatkan suara).

Sebelum di lakukan Rapat Senat Tertutup, terlebih dahulu dilaksanakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka Penyampaian Visi, Misi dan Program Kerja Calon Dekan FT yang diikuti Ir. Hj. Masayu Widiastuti, M.T dan Ir. Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T sedangkan Fachriza Noor Abdi, S.T., M.T tidak dapat hadir karena orang tua yang sedang sakit. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Hexagon FT, dibuka oleh Ketua Senat FT UNMUL Dr. Mardewi Jamal, S.T., M.T dalam laporannya mengatakan dalam penyampaian visi, misi dan program kerja ini kita undang seluruh Civitas Akademika FT UNMUL, yaitu dosen, staf serta mahasiswa.

Dr. Mardewi Jamal juga menjelaskan mengenai tata tertib pemilihan dekan FT UNMUL periode tahun 2020-2024, yaitu pasal 2 penyampaian visi, misi dan program kerja dilakukan dengan tata cara sebagai berikut;

  1. Setiap calon dekan wajib memperbanyak dokumen visi, misi dan program kerja untuk anggota senat, dekan dan panitia paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan pemaparan visi, misi dan program kerja
  2. Setiap calon dekan harus memaparkan visi, misi dan program kerja dalam rapat senat terbuka yang dihadiri oleh Rektor, anggota senat dan peserta lainnya
  3. Setiap calon dekan menyampaikan visi, misi dan program kerja kurang lebih 15 menit
  4. Anggota senat dan peserta rapat senat terbuka dapat mengajukan pertanyaan kepada calon dekan
  5. Dialog interaktif dengan calon dekan sebagaiman dimaksud pada huruf b dilakukan paling lama 60 menit

Sementara, dalam penyampaian visi, misi dan program kerja dari Ir. Muhammad Dahan Balfas, S.T., M.T adalah Fakultas Teknik memiliki jejaring (network) untuk maju ke depan menjadikan tema utama yang diusungnya.

Lebih lanjut, Ir. Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T menyampaikan misi yang ingin dicapai pada periode tahun 2020-2024 yaitu, peningkatan kualitas kelembagaan yang transparan dan terukur, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas pembelajaran dengan mendorong mahasiswa berperan aktif dan dosen sebagai fasilitator, peningkatan kualitas kegiatan kemahasiswaan yang bertumpu pada prestasi dan kompetensi akademik bidang keilmuan. (hms/zul)

Foto: Sulkarnain

Tanggal : 23 Desember 2019

Universitas Mulawarman