Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Monev Pembangunan Zona Integritas, Dirjen Dikti Kemendikbud Kunjungi UNMUL

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud) melakukan kunjungan kerja ke Universitas Mulawarman (UNMUL). Kunjungan Dirjen Dikti Kemendikbud dalam ini Bagian Evaluator Bidang Pengawasan dan Akuntabilitas Kinerja ini dilakukan dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) di UNMUL, Senin (30/11).  

Kunjungan kerja Evaluator Bidang Pengawasan dan Akuntabilitas Kinerja Dirjen Dikti Kemendikbud diterima oleh Rektor UNMUL yang dalam kesempatan kali ini diwakili Oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia dan Keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si.

“Pada hari ini kita bersama-sama melaksanakan kegiatan pertemuan awal dalam rangka monitoring dan evaluasi pembangunan Zona Integritas pada unit strategis Fakultas Teknik UNMUL beserta Reformasi Birokrasi di UNMUL yang dilakukan oleh Dirjen Dikti Kemendikbud. Tentu besar harapan kami dari tujuan monitoring dan evaluasi (monev) pembangunan Zona Integritas pada unit strategis Fakultas Teknik UNMUL maupun progres Reformasi Birokrasi program yang sudah dilaksanakan di UNMUL ini dapat berjalan dengan baik,” kata Dr. Abdunnur dalam sambutannya.

Tentu tujuan dari monitoring ini, lanjutnya, seperti yang sudah dikomunikasikan adalah bagaimana melakukan diskusi kemungkinan terhadap pengembangan program-program pembangunan Zona Integritas maupun Reformasi Birokrasi di UNMUL dimasa yang akan datang akan lebih baik. “Tentu oleh karenanya, besar harapan tentu sesuai dengan tujuan penugasan kepada beliau-beliau ini kita mesti menyampaikan hal-hal tidak saja progres dari kegiatan tersebut tetapi juga nanti perlu mungkin mendiskusikan kendala permasalahan yang ada sehingga nanti akan dapat melancarkan program-program sesuai dengan tujuan dan harapan dari program Reformasi Birokrasi di Indonesia maupun program wilayah untuk Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di UNMUL maupun secara umum di Indonesia,” tegas Mantan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNMUL ini.  

Sementara itu, dari Dirjen Dikti Kemendikbud, Desmelita Selaku Evaluator Bidang Pengawasan dan Akuntabilitas Kinerja mengungkapkan kami bisa hadir kesini untuk pekerjaan sebetulnya ada beberapa hal yang perlu kita pahami bahwa Zona Integritas yang diberikan oleh Dirjen Dikti yang ditunjuk ke UNMUL bukan dari Diktinya tapi ini adalah yang diberikan langsung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Ada 14 Perguruan Tinggi yang ditunjuk KPK dari tahun 2018 hingga 2019. Sebetulnya sudah kita lakukan untuk ZI nya waktu kita bergabung dengan Ristek. Jadi Kemenristek sudah mengajukan ada beberapa Perguruan Tinggi tetapi Alhamdulillah UNMUL masuk diantara 14 Perguruan Tinggi tersebut. Jadi penunjukkan ini mungkin sudah menilai daripada Birokrasi yang ada di UNMUL,” jelas Desmelita.  

Sementara, paparan mengenai Reformasi Birokrasi (RB) di UNMUL disampaikan oleh Manager Perubahan RB UNMUL Dr. Hamdi Mayulu, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Hamdi Mayulu membahas mengenai Legalitas UNMUL, Perjalanan Reformasi Birokrasi UNMUL, Dasar Hukum Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di UNMUL, Peta Jalan dan Tonggak-Tonggak Pencapaian UNMUL. Dr. Hamdi Mayulu, M.Si juga menjelaskan mengenai Delapan Area RB UNMUL, pertama, organisasi, kedua, mental aparatur, ketiga pelayanan publik, keempat akuntabilitas, kelima pengawasan, keenam sumber daya manusia aparatur, ketujuh peraturan perundang-undangan dan kedelapan tata laksana. Lebih lanjut Dr. Hamdi Mayulu juga memaparkan mengenai kondisi dan permasalahan UNMUL, struktur organisasi UNMUL, kendala pencapaian quick wins UNMUL dan terakhir kendala monev UNMUL.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat I Rektorat UNMUL lantai III yang juga dihadiri oleh Ketua SPI UNMUL, Dekan Fakultas Teknik, Wakil Dekan Fakultas Teknik, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Tim Reformasi Birokrasi UNMUL beserta manager area perubahan, Tim Zona Integritas dari Fakultas Teknik beserta manager 6 area perubahan, Kepala UPT TIK, Staf Khusus ULT, Pengelola Sekretariat ULT serta unsur terkait lainnya.

Setelah dari Rektorat, Rombongan dari Dirjen Dikti Kemendikbud juga melakukan kunjungan ke Unit Layanan Terpadu UNMUL dan Fakultas Teknik. (hms/zul)

 

Foto: Hartanto

Tanggal : 30 November 2020

Universitas Mulawarman